Jenis-jenis Batu Ginjal

Tahukah anda bahwa ternyata ada beberapa jenis batu ginjal?

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh dr Charles Marthamba Hutasoit SpU, Dokter Spesialis Urologi dari Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone. Dia menjelaskan bahwa ada empat jenis batu ginjal yang sering bersarang pada organ ginjal dan sama-sama berbahaya bagi manusia.

Berikut ini adalah jenis-jenis batu ginjal yang harus anda ketahui:

1. Batu asam urat

Penyebab batu asam urat dikarenakan oleh kesalahan pola makan yang memicu kadar asam urat. Makanan itu antara lain seperti jeroan, petai, tahu, tempe, kerupuk dan masih banyak lainnya. Awalnya makanan tersebut lama-lama membentuk kristal dan pada akhirnya berubah jadi batu yang bersaran di organ ginjal manusia.

2. Batu infeksi

Penyebab batu infeksi biasanya dikarenakan kebiasaan sering menahan kencing. Kebiasaan menahan kencing sangat tidak baik karena bisa memicu masalah anyang-anyangan hingga munculnya batu ginjal. Untuk mengatasinya, banyak-banyaklah minum air putih agar terhindar dari masalah itu yang sama-sama menyakitkan.

3. Batu kalsium

Penyebab munculnya batu kalsium biasanya adalah karena pengaruh minum air putih yang berasal dari tanah yang memiliki kelebihan asam kapur dan tanpa melalui sterilisasi sebelum dikonsumsi.

4. Batu oksalat

Penyebab batu oksalat adalah karena kebiasaan minum minuman soda atau berkafein. Minuman soda dan berkafein bisa memicu batu oksalat yang awalnya juga membentuk kristal, bila tidak diimbangi dengan banyak minum air putih. Bahkan, anak-anak juga sering mengalami masalah batu oksalat yang juga berbahaya bila tidak segera ditangani.

Itulah keempat jenis batu ginjal yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Jenis-jenis Batu Ginjal | akbar | 4.5