Jenis-jenis Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

Batu ginjal adalah suatu kondisi terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Batu ginjal yang lebih besar dari biasanya dapat menyebabkan masalah di kandung kemih. Batu ginjal yang terjebak di ureter dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda. Beberapa contoh gejala seseorang menderita batu ginjal adalah rasa sakit yang sangat hebat, sulit mengeluarkan urin, hingga perdarahan dari dari dinding saluran kemih.

Umumnya dokter perlu mengetahui terlebih dahulu susunan kimiawi dari batu yang ada untuk mengidentifikasi mengapa pasien rentan terhadap pembentukkan batu. Selain itu jenis batu yang ada juga menentukan perubahan diet seperti apa yang dibutuhkan oleh pasien.

Sebelum membicarakan masalah batu ginjal, ada baiknya kita mengenali jenis-jenis batu ginjal seperti berikut ini.

1. Batu kalsium oksalat

Batu ini merupakan jenis batu ginjal yang paling sering ditemukan. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium oksalat di ginjal adalah rendahnya konsentrasi kalsium dalam kemih. Sementara, kondisi medis yang meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium oksalat adalah tingginya kadar asam urat dan obesitas.

2. Batu struvit

Batu ini terbentuk dari magnesium dan amonia. Hal ini terkait dengan infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Karena itu, batu struvit lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

3. Batu asam urat

Batu asam urat terbentuk karena konsentrasi tingginya asam urat abnormal dalam urin. Batu ini lebih sering muncul pada seseorang yang memiliki penyakit asam urat. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh makanan yang kaya protein hewani dan ditemukannya zat purin. Diketahui purin secara alami ada di dalam semua makanan, tapi yang paling utama ada di jeroan, ikan dan kerang. Asam urat adalah gangguan, di mana asam urat menumpuk dalam darah dan akan disimpan di sendi.

4. Batu cystine

Batu ini terbentuk dari hasil kelainan genetik langka yang menyebabkan asam amino cystine (salah satu pembentuk protein) bocor, sehingga masuk ke ginjal dan ke dalam urine sehingga membentuk kirstal. Cystine merupakan sebuah asam amino dalam protein yang tidak larut dengan baik dalam urin. Keadaan ini sangat jarang dan membutuhkan perhatian serta terapi seumur hidup.

Ginjal merupakan organ tubuh yang fungsinya sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Karena itu menjaga kesehatan ginjal sangat penting, salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih untuk membantu mencegah semua jenis batu ginjal.

loading...
Loading...
muka yang di perban

Jenis-jenis Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai | akbar | 4.5