Jenis-jenis Asuransi di Indonesia

Jenis-jenis asuransi kini semakin banyak bermunculan di indonesia. Mulai dari asuransi yang umum dikenal masyarakat, sampai asuransi yang belum begitu dikenal oleh masyarakat. Semakin beragamnya jenis-jenis asuransi membuat kita harus mengenalnya satu persatu. Selain jenisnya yang mulai berkembang, perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa asuransi juga semakin banyak. Mulai dari perusahaan yang sudah dikenal sampai yang belum dikenal. Sesuai dengan fungsinya, asuransi dibutuhkan oleh semua orang. Kerena segala kegiatan yang dilakukan sehari-hari pasti memiliki resiko yang beragam. Jadi, sekarang asuransi semakin diminati oleh masyarakat.

Jenis-jenis Asuransi di Indonesia

Jenis-jenis asuransi diantaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan asuransi kendaraan bermotor. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang paling sering dijumpai dan paling sering digunakan. Asuransi jenis ini bisa didapatkan langsung maupun menjadi satu fasilitas yang diberikan oleh tempat kita bekerja. Asuransi ini berfungsi jika si pemilik atau si pengguna jasa asuransi sedang sakit atau mengalami kecelakaan dan memerlukan perawatan. Di era sekarang asuransi ini semakin diminati. Alasannya sangat beragam. Dimulai dari masyarakat beranggapan bahwa pekerjannya beresiko tinggi sampai masyarakat beralasan bahwa biaya kesehatan yang semakin hari semakin mahal.

Selain asuransi kesehatan, ada juga asuransi jiwa. Asuransi jiwa kini sudah mulai dikenal masyarakat luas. Asuransi jiwa bukan berfungsi untuk mencegah atau mengundur kematian. Namun, asuransi jiwa berfungsi untuk keluarga yang ditinggalkan. Asuransi ini diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan dengan tujuan agar keluarga yang ditinggalkan dapat sedikit berkurang bebannya. Asuransi jiwa dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu term life dan whole life. Perbedaan dari keduanya diantaranya yaitu, jika term life, asuransi ini berlaku dibatasi dengan waktu sedangkan whole life berlaku untuk seumur hidup. Selain itu, jumlah uang yang didapat term life jauh lebih besar daripada whole life.

Berikutnya adalah asuransi pendidikan. Biasanya, asuransi pendidikan digabungkan dengan asuransi jiwa. Asuransi ini diberikan kepada anak-anak yang masih mengenyam bangku pendidikan. Jenis asuransi ini dapat dikategorikan penting. Karena pada dasarnya, pendidikan itu merupakan suatu hal yang wajib dan penting. Namun, pada kenyataannya, biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal membuat kita semakin bingung untuk menyekolahkan buah hati ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan biaya yang semakin mahal. Maka, asuransi ini patut dipertimbangkan untuk diikuti.

loading...

Asuransi yang berikutnya adalah asuransi kendaraan bermotor maupun properti. Asuransi ini biasanya hanya digunakan oleh orang-orang pada golongan menengah ke atas. Sehingga, asuransi ini kurang begitu populer di indonesia karena rata-rata masyarakat indonesia masih golongan menengah ke bawah. Jadi, pada dasarnya asuransi ini digunakan untuk kendaraanbermotor dan properti jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau sebagainya.

Mungkin bagi masyarakat indonesia, asuransi hanya berguna untuk beberapa orang saja. Misalnya orang-orang berpekerjaan tinggi. Ssebenarnya, asuransi dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Karena semua lapisan masyarakat memiliki resiko hidup yang sama. Hanya saja hal ini kurang dipahami oleh masyarakat. Sehingga jenis-jenis asuransi yang seharusnya sudah dikenal oleh khalayak umum, justru menjadi hal yang aneh untuk diperbincangkan.

loading...
Loading...
Jenis-jenis Asuransi di Indonesia | akbar | 4.5