Jangan Sembarangan, Ini Cara Mematikan Sepeda Motor yang Benar

Cara menjaga performa motor bisa dilakukan dengan cara melakukan servis atau perawatan kendaraan secara rutin. Tidak cukup dengan itu saja, namun cara mematikan mesin motor dengan baik dan benarpun juga berpengaruh dalam menjaga kondisi mesin motor tersebut. Kenapa bisa?

Mematikan mesin motor disaat putaran mesin masih tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin motor. Karena pada saat mesin berada dalam putaran tinggi, mesin pasti memerlukan pelumas (oli). Mesin akan kehilangan pelumas pada saat pengendara mematikan mesin.

Mesin dalam putaran tinggi masih memiliki komponen yang mengembang, sehingga mesin dapat menjadi aus dan merusak pada setiap dinding silinder. Karenanya pengguna sepeda motor wajib mematikan mesin pada saat motor sudah dalam kondisi putaran mesin tidak tinggi.

Ada baiknya menunggu hingga mesin motor dalam kondisi normal, barulah kemudian putar kontak ke posisi off. Ini akan menjaga performa kendaraan.

Berikut adalah tips seputar cara mematikan mesin sepeda motor yang baik dan benar untuk menjaga performa mesin agar tetap optimal:

  • Jangan mematikan mesin motor langsung saat tarika mesin masih tinggi, namun terlebih dahulu diamkan beberapa saat supaya putaran mesin motor kembali ke keadaan normal dahulu.
  • Jangan mematikan mesin motor dengan menarik gas terlebih dahulu. Karena cara tersebut dapat membuat naik temperatur mesin ketika putaran mesin motor akan berhenti.
  • Jangan mematikan motor pada saat keadaan sedang berjalan.

Karena dalam hal mematikan mesin motor bila dilakukan secara tergesah-gesah dapat berakibat buruk terhadap kesehatan mesin motor, maka jangan pernah sepelehkan masalah simple dalam mematikan mesin motor ini ya…

Ingat, dengan cara mematikan mesin berdasarkan prosedur yang baik dan benar akan membuat onderdil atau suku cadang berhenti pada posisi yang sebenarnya. Dengan demikian akan dapat meminimalisir onderdil mesin mengalami kerusakan.

loading...
Loading...
cara merusak mesin motor dengan cepat, cara merusak mesin motor, cara merusak sepeda motor, cara memanaskan mesin motor matik mio m3, dp bbm kenakalan pelajar

Jangan Sembarangan, Ini Cara Mematikan Sepeda Motor yang Benar | akbar | 4.5