Jangan dibuang, sampah buah dan sayuran ini ternyata memiliki banyak manfaat

Saat mengonsumsi atau mengolah sayuran, biasanya kita membuang bagian yang tidak dimakan seperti kulit, daun atau biji. Namun ternyata, sampah dari buah dan sayuran tersebut memiliki banyak manfaat yang tidak disadarai oleh banyak orang. Beberapa kulit buah atau sayuran itu bisa dicampur pada bahan makanan karena memiliki gizi yang baik bagi kesehatan.

Lantas, apa saja bahan makanan yang sebelumnya sering Anda buang dan kaya akan manfaat kesehatan itu? Simak ulasannya.

1. Daun brokoli
Sayuran hijau yang kaya antioksidan dan zat anti kanker ini bukan hanya bagian brokolinya saja yang kaya nutrisi. Daun brokoli mengandung vitamin A yang tinggi sehingga membantu kesehatan mata agar lebih terjaga. Caranya, campurkan saja daun brokli ke dalam sayuran.

2. Kulit semangka
Karena teksturnya yang keras, banyak orang hanya mengonsumsi daging buah semangka dan membuang kulitnya. Padahal, bagian dalam kulit semangka bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah. Kulit semangka mengandung citrulline dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Olah saja kulit semangka menjadi jus dengan daging buahnya.

3. Kulit jeruk
Pada kulit jeruk, terdapat serat, flavanoid dan zat anti kanker, anti-diabetes dan anti peradangan. Kulit jeruk bisa dikonsumsi dengan dipotong kecil-kecil atau dicampurkan dalam segelas teh panas, coklat panas atau sirup. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat bukan.

4. Kulit bawang bombay
Banyak orang sering membuang kulit bawang bombay setelah dikupas. Padahal kulit bawang bombay memiliki senyawa quercetin yang bermanfaat menurunkan tekanan darah serta mencegah plak di pembuluh arteri. Bahan ini pun bisa dicampurkan pada sup. Tak perlu dimakan, cukup rebus dalam masakan kemudian buang setelah matang.

loading...
Loading...
memanfaatkan sampah buah

Jangan dibuang, sampah buah dan sayuran ini ternyata memiliki banyak manfaat | akbar | 4.5