Jambu Biji Jadi Solusi Cara Mengobati Demam Berdarah

Saat seseorang terkena demam berdarah, maka ia akan membutuhkan banyak asupan cairan untuk mengganti air dan ion yang keluar dari pembuluh darah akibat mengalami kebocoran.

Ketika nyamuk aedes aegypti menggigit maka akan timbul reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap virus tersebut. Kondisi ini membuat tubuh melepaskan zat-zat kimia seperti sitokin. Zat-zat ini nantinya akan bermuara ke pembuluh darah kapiler yang hanya memiliki 1 lapisan sehingga ia mudah mengalami kebocoran atau keluarnya cairan karena celah-celahnya semakin lebar. Pembuluh darah kapiler ini mengandung komposisi darah (sel darah putih, sel darah merah dan trombosit) serta plasma darah yang terdiri dari air, protein, gula dan ion.

Sampai saat ini belum ada obat yang bisa membunuh virus dengue penyebab demam berdarah dan juga belum ada obatnya. Untuk itu pengobatan yang dilakukan adalah dengan mengobati per gejala seperti obat sakit kepala, obat penurun panas dan juga konsumsi cairan yang banyak. Juga penting bagi penderita untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya adah dengan minum jus jambu biji.

Buah jambu biji bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu penderita demam berdarah dari kekurangan cairan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan. Ini karena jambu biji kaya akan kandungan betakaroten dan vitamin C. Bahkan menjelang matang, kandungan vitamin C-nya bisa enam kali lebih besar ketimbang jeruk. Kandungan tersebut sangat diperlukan bagi penderita demam berdarah yang mengalami kekurangan plasma darah akibat penurunan trombosit.

Selain buah jambu biji yang berguna untuk penyembuhan demam berdarah, daun jambu biji juga berperan dalam mencegah penyakit demam berdarah. Hal ini sudah dibuktikan lewat penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Daun jambu biji mampu meningkatkan trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping.

Berikut ini adalah cara mengolah buah dan daun jambu biji untuk mengobati demam berdarah DBD:

Buah Jambu biji

Cuci bersih 3 jambu biji matang dan mengkal. Blender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji. Minum 3 x sehari sampai DBD sembuh.

Selain dibuat minuman jus, buah jambu biji juga langsung dimakan bersama kulitnya. Namun sebaiknya untuk biji buah jangan ikut dimakan karena bisa menyebabkan usus buntu.

Daun jambu biji

Cuci dan bersihkan 1 kg daun jambu biji segar dan dirajang. Blender potongan daun tersebut dengan air secukupnya hingga halus, saring, dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian :

1. Masukkan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.
2. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk ½ liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai sembuh.

Itulah cara mengobati sakit demam berdarah DBD menggunakan buah jambu biji dan daun jambu biji. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Jambu Biji Jadi Solusi Cara Mengobati Demam Berdarah | akbar | 4.5
cara membuat teh dari daun jambu, cara membuat teh daun jambu biji, membuat teh daun jambu biji, cara membuat teh dari daun jambu biji, cara membuat teh jambu biji, buah naga lebih baik di jus atau di makan langsung, cara membuat teh dari daun biji, membuat teh dari daun jambu biji, resep teh jambu