Inilah Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Mengkudu untuk TubuhMengkudu atau dalam bahasa ilmiah disebut Morinda Citrifolia merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh subur di dataran rendah. Tanaman buah yang biasa disebut juga dengan nama buah pace ini biasanya hanya diambil buahnya saja yang kemudian diolah menjadi berbagai macam olahan, misalnya seperti di masyarakat Aceh dimana buah mengkudu dijadikan sayuran dan rujak. Selain itu, buah mengkudu juga bisa dijadikan sebagai bahan obat alami, karena pada mengkudu mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Buah mengkudu mengandung banyak akan nutrisi bermanfaat seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium dan kalium. Kemudian buah mengkudu juga berisi sejumlah phyto-nutrisi seperti Lignan, flavonoid, asam lemak, karbohidrat dan serat. Lantas, apa saja manfaat kesehatan dari buah mengkudu ini?

Berikut manfaat buah mengkudu untuk kesehatan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Kolesterol

Merokok adalah salah satu penyebab kolesterol tinggi. Dari sebuah penelitian yang melibatkan 132 perokok berat, mereka diminta minum jus mengkudu selama sebulan, kemudian hasilnya menunjukan secara signifikan dapat mengurangi koleterol jahat dan meningkatan kadar HDL (High-Density Lipoprotein) yang merupakan kolestrol baik untuk tubuh.

2. Menurunkan Hipertensi

Mengkudu mengandung tinggi phytonutrient, selenium dan vitamin C, yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Sedangkan senyawa skopoletin dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta proxeronine yang diperlukan tubuh untuk memproduksi xeronie, kemudian xeronine membantu mengkoordinasi sel untuk bekerja secara harmonis, menurunkan stress dan juga membantu menurunkan tekanan darah.

3. Anti Tumor atau Anti Kanker

Mengkudu dapat merangsang produksi oksida nitrat yang berguna mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu melawan replikasi sel-sel kanker. Satu hal yang penting adalah jumlah phytochemical pada buah mengkudu dapat membantu memperlambat, mengehentikan proses pertumbuhan kanker, jika dikonsumsi secara teratur dengan takaran yang bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Namun perlu diperhatikan, hindari makan mengkudu jika Anda memiliki masalah ginjal, karena dalam buah ini mengandung tinggi kalium. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan mengkudu sebagai obat alternative.

loading...
Loading...
Inilah Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh | chsa | 4.5