Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Habis Melahirkan

Hadirnya bayi yang merupakan buah hati yang selama ini dinanti-nantikan merupakan anugrah yang patut untuk disyukuri. Karena itu perhatian ibu pun seluruhnya dicurahkan pada bayi yang baru lahir tersebut. Meski demikian, bukan berati ibu boleh melupakan kesehatan tubuhnya. Karena kesehatan ibu yang baru melahirkan juga sangat penting, terutama selama masa menyusui.

Untuk membantu meningkatkan kesehatan ibu setelah melahirkan, maka ibu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu melahirkan. Sebagaimana yang dikutip dari laman Babycenter, berikut ini adalah deretan makanan setelah melahirkan untuk sang ibu yang baru melahirkan. Diantaranya:

1. Sayuran Hijau

Kandungan zat besi yang terdapat dalam sayuran hijau mampu membantu memulihkan kesehatan ibu yang baru melahirkan. Bayam, kacang-kacangan, labu, serta sayuran hijau lainnya bisa membantu mengembalikan kekuatan dan energi ibu setelah melahirkan.

2. Kacang Almond

Kacang almond merupakan camilan terbaik bagi sang ibu yang baru melahirkan. Kacang-kacangan ini mengandung karbohidrat, vitamin B12, dan E serta memiliki kandungan mineral magnesium, tembaga, mangan, kalium, kalsium, dan seng. Bila ibu sedang ingin mengonsumsi makanan ringan, maka sebaiknya pilihlah kacang almond sebagai pemenuhan nutrisi pasca melahirkan.

3. Susu Kunyit

Kunyit memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6 dan C, serat, kalium, magnesium, dan mangan. Bila seorang ibu mengalami gangguan lambung, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit secara rutin. Ini karena adanya manfaat kunyit yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan membantu pemulihan luka setelah kehamilan. Untuk itu, ibu bisa tambahkan sekira setengah sendok teh kunyit ke dalam susu hangat.

4. Oats

Oats merupakan makanan sumber zat besi, kalsium, seratt, karbohidrat, dan protein. Gadum memiliki kandungan serat yang tinggi dan bisa membantu mencegah sembelit pada perut. Ke dalam oats, ibu bisa menambahkan susu, kacang-kacangan, dan buah kering. Sementara untuk pemanis sajian, jangan lupa untuk menambahkan irisan pisang, apel, atau mangga. Makanan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh ibu setelah melahirkan.

Itulah beberapa makanan untuk ibu yang baru melahirkan yang bisa dikonsumsi.

loading...
Loading...
ibu gemuk melahirkan, makanan yang mengandung zat tembaga

Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Habis Melahirkan | akbar | 4.5