Inilah Makanan Lezat dan Rendah Gula bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes memiliki sejumlah pantangan terhadap makanan, maka penderita dituntut cermat dalam memilih makanan yang tepat, misalnya harus menghindari makanan dengan kadar gula tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil bagi penderita diabetes, jika kadar gula sudah tidak terkontrol maka dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

Berikut inilah makanan lezat dan rendah gula yang dapat dinikmati bagi penderita diabetes, makanan sehat ini setidaknya dapat dkonsumsi sekali dalam seminggu atau tidak berlebihan.

1. Kacang

Semua jenis kacang mengandung protein dan gizi serta lemak yang sehat untuk jantung. Kandungan gulanya juga sedikit, jadi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Jeruk

Jenis buah ini mengandung kaya vitamin C yakni vitamin yang penting bagi penderita diabetes. Jeruk juga hanya berisi jumlah gula yang minim, sehingga aman dikonsumsi.

3. Semangka

Meskipun memiliki nilai GI yang tinggi, namun rendah glycemic, sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

4. Nanas

Merupakan buah-buahan yang mengandung rendah gula, nanas juga kaya sifat anti-virus, anti-inflamasi dan anti-bakteri, sehingga dapat dimasukan dalam menu sehat Anda.

5. Kayu manis

Penelitian menunjukan bahwa konsumsi satu sendok teh kayu manis dalam sehari membantu menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Jadi jangan ragu untuk menikmati kayu manis.

6. Kiwi

Berdasarkan penelitian menunjukan adanya korelasi positif antara konsumsi kiwi dan penurunan kadar gula darah. Sehingga buah kiwi ini dapat dikonsumsi dengan aman bagi penderita diabetes.

7. Madu

Menambahkan madu pada secangkir teh atau kopi, lebih baik dari pada sesendok gula. Jadi, jika Anda penggemar minuman seperti teh maka sebaiknya untuk menghasilkan rasa manis tambahkan saja sedikit madu sebagai pengganti gula.

Itulah daftar makanan rendah gula yang aman bagi penderita diabetes. Berdasarkan pernyataan para ahli seperti dilansir dari Boldsky.com, bahwa makanan tersebut tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh, bahkan berada tetap dibawah kontrol. Namun, perlu diingat saat konsumsi makanan rendah gula pastikan tidak berlebihan.

loading...
Loading...
Inilah Makanan Lezat dan Rendah Gula bagi Penderita Diabetes | akbar | 4.5