Inilah Caranya Mendapatkan Kartu KKS, KIP, dan KIS

Tak berselang lama setelah dilantik menjadi presiden (3/11/2014), Joko Widodo resmi meluncurkan “tiga kartu sakti”, masing-masing Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Ternyata tak sulit untuk mengantongi tiga kartu itu.

Ketiga kartu yang tergabung dalam program Government to person (G2P) adalah bantuan keluarga kurang mampu seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat atau BLSM, yang dulunya diberikan tunai lewat kantor pos, kini akan diberikan diberikan secara non tunai melalui Layanan Keuangan Digital melalui kartu.

Perbedaan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Kartu Indonesia Sehat bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin terhadap kesehatan. KIS akan diberikan kepada anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga tidak menggeser Sistem JKN. Dalam pelaksanaannya, pemerintah telah menunjuk BPJS Kesehatan sebagai penyelenggaranya.

Kartu Indonesia Pintar adalah kartu yang ditujukan bagi keluarga miskin dan rentan miskin yang ingin menyekolahkan anaknya secara gratis. Selain itu, Kartu Indonesia Pintar juga akan menjangkau anak-anak yang berada di luar sekolah misalnya anak jalanan, dan anak putus sekolah, yatim piatu, dan difabel.

Sementara itu, untuk Kartu Keluarga Sejahtera adalah pengganti dari Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Program KPS digunakan untuk menerima program Bantuan Langsung Sementar Masyarakat (BLSM) yang merupakan respon pemerintah dalam konteks upaya perlindungan sosial saat kenaikan harga BBM. Jika BLSM berbentuk bantuan tunai lansung, sementara KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) diperluas manfaatnya yaitu sebagai rekening yang dapat digunakan tidak hanya untuk penyaluran dana pengalihan kenaikan BBM saja tetapi juga untuk penyaluran bantuan sosial lain sepertt bantuan pupuk, subsidi solar utk nelayan,dan berbagai bantuan sosial lainnya.

Cara Mendapatkan KKS, KIP, dan KIS

Dikutip dari Metrotvnews, untuk mendapatkan ketiga kartu sakti tersebut, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), warga cukup menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) aktif ke kantor pos. Bila ternyata kartu KPS yang dimiliki hilang, maka masyarakat bisa menunjukkan kartu identitas lain dan surat keterangan dari kepala daerah atau lurah setempat.

Kemudian, masyarakat menyerahkan KPS dan identitas lainnya kepada petugas pos untuk dicek. Jika KPS hilang akan dilakukan proses pemeriksaan tambahan oleh Dinas Sosial atau aparat Pemda yang ditunjuk.

Nantinya petugas akan memberikan KKS, KIS, Sim Card yang berisikan uang elektronik dan KIP serta tanda bukti serah terima untuk ditandatangani. Sim card yang diberikan petugas bertujuan untuk mengecek nominal uang tiap masyarakat yang tersimpan di KKS.

loading...
Loading...
cara menonaktifkan kartu indonesia sehat

Inilah Caranya Mendapatkan Kartu KKS, KIP, dan KIS | lawas | 4.5