Inilah Cara Alami Mengobati Sakit Gigi dengan Cengkeh

Cengkeh untuk Mengobati Sakit Gigi Secara AlamiSakit gigi merupakan suatu kondisi yang cukup menyiksa, rasa sakit yang ditimbulkan membuat aktivitas mengunyah makanan menjadi terganggu, bahkan mengunyah dapat memperburuk sakit gigi itu sendiri. Jika sudah demikian, perlu penangan cepat untuk mengobati sakit gigi agar tidak berdampak serius. Beberapa dari mereka mungkin akan memeriksanya ke dokter gigi atau membeli obat untuk mengurangi nyeri gigi tersebut, tapi terkadang ketiadaan biaya membuat sakit gigi dibiarkan begitu saja. Jangan khawatir, ternyata ada cara alami untuk mengatasinya.

Terdapat cara alami untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan menguyah cengkeh yang memiliki efek positif untuk membantu dalam meredakan rasa nyeri. Pada cengkeh terkandung senyawa yang disebut dengan Eugenol, yang secara luas digunakan sebagai analgesic dan anestesi local, terutama dalam kedokteran gigi. Kemudian sifat-sifat cengkeh seperti sifat antiseptic, antivirus, antiparasitic, antibakteri, analgesic dan stimulatif jika diolah menjadi minyak cengkeh memiliki khasiat dalam meredakan nyeri dan membunuh kuman.

Cengkeh telah digunakan selama ribuan tahun sebagai penyegar napas, serta perawatan untuk sakit gigi dan penyakit lainnya. Efek analgesic, antiseptic dan antibakteri dalam minyak cengkeh membuatnya berguna sebagai bahan dalam pasta gigi atau obat kumur. Kemudian senyawa Eugenol berasal dari minyak cengkeh ini digunakan sebagai pengisi gigi, semen atau restorative.

Salah satu cara mengobati sakit gigi secara efektif dengan cengkeh yaitu kombinasikan dengan bubuk cabe. Meskipun bila diterapkan, campuran dapat menyebabkan sensasi seperti terbakar selama beberapa menit pertama. Hancurkan siung cengkeh lalu campurkan bubuk cabe dengan takaran yang sama dalam mangkuk kecil, tambahkan beberapa tetes air sehingga membuatnya seperti pasta, dengan menggunakan bantuan bola kapas oleskan pada bagian gigi yang nyeri.

Perlu diperhatikan! Perawatan ini dapat membuat iritasi gusi, jadi berhati-hatilah pada saat mengoleskan minyak cengkeh agar tidak terkena gusi. Kemudian pastikan cara perawatan ini hindari untuk anak-anak, karena senyawa eugenol dalam cengkeh memiliki efek buruk bagi tubuh jika tertelan. Demikian seperti dilansir dari Livestrong.com.

loading...
Loading...
Khasiat pucuk jambu

Inilah Cara Alami Mengobati Sakit Gigi dengan Cengkeh | chsa | 4.5