Inilah Bahayanya Makan Mi Instan

Mi instan menjadi salah satu menu makanan favorit di hampir seluruh dunia. Salah satu alasan penyebabnya adalah karena kemudahan dan praktis serta cepat dalam proses pemasakannya. Memasak mi instan bisa dilakukan kurang dari 5 menit.

Namun perlu untuk diketahui bahwa mengonsumsi mi instan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Efek Samping Akibat Terlalu Sering Makan Mi Instan

Laman Boldsky menyebutkan bahwa ada beberapa efek samping yang akan dirasakan oleh orang yang mengonsumsi mi instan setiap harinya. Berikut adalah efek samping yang mungkin saja akan muncul bagi orang yang mengonsumsi mi instan:

1. Pencernaan

Mi instan juga terkenal buruk karena mengganggu sistem pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan zat lilin yang berfungsi untuk membuat merekat satu sama lain. Apalagi kalau makan mi instan terus-terusan bikin perut kembung atau sembelit.

2. Kelebihan berat badan

Mi instan memiliki kandungan lemak dan natrium dalam jumlah cukup besar, sehingga menyebabkan retensi air dalam tubuh. Lebih dari itu, mi instan juga dapat membuat seseorang punya kelebihan berat badan.

3. Mengandung MSG

Untuk membuat rasa mi menjadi super enak, maka di dalam bumbu mi instan ditambahkan penyedap rasa monosodium glutamat. Padahal, sekitar satu sampai dua persen orang alergi terhadap MSG. Saat mereka tidak sengaja konsumsi mi instan, akibatnya menderita sensasi terbakar, dada dan wajah menjadi kemerahan, nyeri dan sakit kepala.

4. Picu hipertensi

Di dalam bumbu mi juga terkandung natrium dimana kelebihan konsumsi natrium, dapat membuat seseorang menderita hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal.

5. Junk food

Mi instan bisa juga disebut sebagai food. Karena itu mi instan mengandung sejumlah besar karbohidrat, tetapi tidak memiliki kandungan vitamin, mineral atau serat. Mi instan juga memiliki tingkat tinggi lemak jenuh dan lemak trans yang berbahaya.

Itulah beberapa efek samping yang harus anda pikirkan ketika anda akan mengonsumsi mi instan. Sebenarnya tidak ada larangan bagi siapa saja untuk mengonsumsi mi, namun akan lebih bijak bila mengonsumsi mi instan hanya sebagai selingan dikala kita benar-benar ingin makan mi instan.

loading...
Loading...
Inilah Bahayanya Makan Mi Instan | akbar | 4.5