Inilah Bahayanya Akibat Mengkonsumsi Ikan

Rutin mengonsumsi ikan memang bisa memberikan kandungan omega 3 ke dalam tubuh anda. Namun tetap berhati-hati jika memilih ikan. Pasalnya ada bahaya dari kandungan merkuri di dalamnya. Menurut penelitian terbaru yang dirilis oleh Environmental Health Perspectives, mengatakan bahwa merkuri yang berada did alam ikan ternyata bisa menyebabkan penyakit autoimun. Hal ini menjadi yang pertama kalinya di dalam penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara merkuri dan juga risiko penyakit tersebut.

Penyakit autoimun sendiri terjadi di dalam sel tubuh yang menyerang sel tubuh yang berada di dalam kondisi yang sehat. Penyakit autoimun ini sendiri adalah lupus, artritis rematoid dan juga IBD atau Inflammatory Bowel Disease. Para peneliti di Universitas Michigan sendiri sudah melakukan survei diet dan juga tingkat merkuri yang terdapat di sekitar 1.300 perempuan dengan usia diantara 16 hingga 49 tahun. Mereka sendiri juga menguji darah dari para responden guna melihat antibodi antinuclear atau protein yang berfungsi guna menyerang jaringan tubuh dan juag menjadi salah satu indikator gangguan autoimun.

Para ilmuwan sendiri mengatakan bahwa wanita yang mengalami gangguan merkuri organik yang memiliki jumlah dan kadar yang tinggi, mempunyai tingkat ANA yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita yang tidak terpapar. Merkuri sendiri menjadi salah satu prediktor yang bisa menampilkan kondisi yang positif ANA.

Penelitian tersebut menampilkan bahwa sekitar 15 persen dari populasi sendiri mengalami positif ANA. Namun ANA sendiri menjadi prediktor yang cukup penting untuk mendeteksi penyakit autoimun. Hal ini tentu harus diwaspadai oleh para wanita.

Guna mengurangi kemungkinan tersebut, hindari makanan laut dengan kandungan toksin dalam jumlah tinggi. Jangan mengkonsumsi ikan todak, hiu, mackerel, gulf tilefish hingga makanan tuna kalengan.

loading...
Loading...
Inilah Bahayanya Akibat Mengkonsumsi Ikan | akbar | 4.5