Inilah Alasannya Kenapa Hidung Meler Saat Dingin

Udara yang dingin menyebabkan hidung jadi meler. Apakah anda juga mengalami yang dmikian?

Adanya perubahan suhu dalam waktu yang singkat, seperti dari panas ke dingin, sering kali menyebabkan respon tidak nyaman pada tubuh kita, khususnya pada saluran pernapasan atas. Gejala yang paling sering muncul adalah hidung tersumbat atau hidung meler.

“Sekarang sering kita temui perubahan cuaca dari panas kemudian hujan. Tubuh tentu butuh adaptasi. Namun, bila perubahan suhu tidak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat, ini bisa sebabkan penyakit,” kata dokter THT, dr. Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL, sebagaimana yang dikutip dari OkeZone.com.

Adanya penurunan suhu bisa menyebabkan lapisan mukosa hidung yang tebal (konkaf) membesar. Hal ini memicu pengeluaran sekret berupa cairan hidung, yang dalam jumlah kecil bisa menguap saat bernapas.

UUdara kering atau sekresi ingus yang banyak lari ke tenggorokan, dapat menyebabkan iritasi hingga menjadi radang,”jelasnya saat diwawancarai di seminar mengenai gangguan hidung tersumbat, di Decanter Restaurant, Plaza Kuningan, Jakarta, Rabu (3/11/2014).

Rrespons dan gejala umum yang dialami saluran pernapasan atas saat terjadi penurunan suhu adalah seperti hidung tersumbat, hidung berair, dan tenggorokan kering. Belum lagi bila ditambah paparan virus atau alergen lain yang dapat menimbulkan alergi dan penyakit pernapasan lainnya.

loading...
About these ads

Loading...
Inilah Alasannya Kenapa Hidung Meler Saat Dingin | lawas | 4.5