Inilah Alasan Ngemil Malam Bisa Memicu Obesitas

Ngemil di Malam Hari Penyebab ObesitasMakan camilan di malam hari mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, apalagi dimikmati saat sedang bersantai sambil menonton televisi atau chatting dengan teman yang kemungkinan ngemil ini akan sulit terkendali. Maka banyak yang beranggapan bahwa makan malam atau ngemil di malam hari dapat memicu berat badan menjadi bertambah, hal ini pun diperkuat oleh sebuah penelitian yang membenarkan anggapan tersebut.

Penyebab Ngemil di Malam Hari Bisa Menyebabkan Kegemukan atau Obesitas

Berdasarkan penelitian makan malam diluar batas waktu dapat memicu obesitas serta dapat meningkatkan resiko diabetes dan kolestrol tinggi. Berikut beberapa alasan mengapa ngemil tengah malam atau diluar batas waktu jam 9 -12 ini tidak baik untuk kesehatan tubuh seperti dirangkum dari boldsky.com

1. Pencernaan yang Lambat

Ngemil pada tengah malam akan mempengaruhi proses pencernaan, apalagi jika Anda tidak pernah melakukan aktivitas apapun misalnya seperti olahraga, kemungkinan akan lebih banyak menimbun lemak. Terlebih pada malam hari proses pencernaan melakukan fungsinya dengan lambat, sehingga hal inilah yang dapat meningkatkan berat badan bertambah atau obesitas.

loading...

2. Ritme Circadian Tidak Normal

Sebagian besar hormone dalam tubuh manusia bekerja dalam sebuah ritme atau yang dikenal sebagai ritme circadian. Ketika ada ketidakseimbangan dalam ritme, maka akan berpengaruh terhadap produksi hormon dan mempengaruhi keseluruhan proses metabolisme tubuh. Maka begadang dan ngemil malam hari dapat memicu obesitas akibat ritme Circadian tidak normal.

3. Resisten Insulin

Kinerja insulin ini sepenuhnya mengikuti ritme circadian, meningkat dan turunnya insulin ini berdasarkan ritme 24 jam dalam tubuh. Jika sering begadang dan ngemil maka ritme circadian ini tidak akan bekerja secara sempurna, sehingga akan secara bertahap dapat mengembangkan kelainan dalam regulasi glukosa akibat dari resistensi insulin, hal inilah yang akhirnya juga akan meningkatkan resiko obesitas.

Pada dasarnya sejauh mana efek berbahaya dari makan atau ngemil tengah malam tergantung dari kebiasaan dan pola makan yang diterapkan. Selain itu, konsumsi makanan yang tidak sehat misalnya tinggi kalori yang akhirnya dapat memicu obesitas. Maka mulailah terapkan kebiasaan untuk dapat mempertahankan gaya hidup sehat dengan membatasi waktu makan.

loading...
Loading...
Inilah Alasan Ngemil Malam Bisa Memicu Obesitas | chsa | 4.5