Inilah 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh

Gambar dan Manfaat Ubi JalarUbi jalar merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dalam memenuhi menu sehat harian, masyarakat pedesaan tidak akan kesulitan menemukan jenis tanaman ini, biasanya ubi jalar dikonsumsi dengan segelas kopi atau teh hangat, sehingga menyantapnya di waktu santai akan terasa lebih nikmat. Selain itu, nilai gizi yang terkandung dalam ubi jalar sehingga jika mengkonsumsinya memberikan efek baik bagi tubuh.

Konsumsi ubi jalar memang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, hal ini karena kandungan gizi seperti vitamin, zat besi, mangan, folat dan kaya serat sehingga membuatnya bisa dibilang sebagai makanan yang sempurna. Berikut manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh selengkapnya seperti dirangkum dari laman The Health Site.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Diperkaya dengan adanya kandungan kalium dan vitamin B6, ubi jalar dapat membantu dalam mencegah serangan jantung dan stroke. Dengan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, sehingga ubi jalar ini membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Membantu Mencegah Kanker

Antioksidan pada ubi jalar dapat membantu dalam melawan kanker akibat radikal bebas yang bertanggung jawab atas kerusakan DNA. Dikemas dengan kandungan beta karotein, ubi jalar secara efektif dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mempengaruhi ginjal, usus besar, prostat dan lain sebagainya.

3. Menurunkan Gula Darah

Pada ubi jalar mengandung gula alami dan kaya serat yang membantu dalam memperlambat perilisan gula dalam aliran darah, kemampuan mereka untuk meningkatkan sensitivitas insulin yang memastikan gula darah dalam tubuh tetap berada di bawah kontrol, sehingga penderita diabetes tetap bisa konsumsi ubi jalar ini.

4. Meningkatkan Pencernaan

Kombinasi serat dan magnesium pada ubi jalar membantu dalam mengobati beberapa masalah pencernaan, seperti gangguan pencernaan, keasaman dan lain sebagainya. Kandungan serat yang tinggi membantu mendorong makanan dalam perut ke dalam aliran usus sehingga sistem pencernaan menjadi lancar.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Zat besi dalam makanan ini mengaktifkan produksi sel darah putih, meningkatkan ketahanan terhadap stress dan fungsi kekebalan tubuh. Kemudian vitamin D pada ubi jalar memiliki peran penting dalam meningkatkan energi, mengatur suasana hati dan juga membantu membangun sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

loading...
Loading...
ubi jalar, ketela rambat, ketela jalar, nama latin ubi jalar

Inilah 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh | chsa | 4.5