Inilah 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Buah Delima

Manfaatnya Buah DelimaDelima merupakan buah-buahan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan, biasanya buah ini dikonsumsi bijinya, bisa dijadikan campuran dalam rujak buah ataupun salad buah, serta bisa diolah menjadi jus atau sirup yang menyegarkan. Kandungan antioksidan dalam buah delima dipercaya dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga kanker, bahkan secara tradisional buah delima dikenal sebagai simbol kesehatan.

Manfaat konsumsi buah delima yang efektif dalam menjaga kesehatan tubuh sehingga buah ini dianggap sebagai ‘buah surga’ dalam budaya kuno, dan penggunaannya dijadikan sebagai obat alami dalam melawan berbagai penyakit. Berikut manfaat utama buah delima untuk kesehatan seperti dirangkum dari laman The Health Site.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Buah delima yang sarat dengan kandungan senyawa polifenol memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri sangat dibutuhkan tubuh dalam mencegah kerusakan dinding arteri dan mencegah penyakit jantung. Buah ini juga dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat yang menyebabkan pembentukan plak dan pengembangan penyakit arteri koroner.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Asam punicic adalah salah satu konstituen utama dari delima membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi tekanan darah, dengan mencegah aktivitas serum angiotensin-converting enzim. Penelitian telah menunjukan bahwa komponen delima dapat mengurangi resiko penyakit jantung, pada pasien dengan diabetes dan kadar LDL tinggi dalam darah.

3. Membantu Mencegah Kanker

Buah delima dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker kulit. Hal ini dikaitkan dengan polifenol, diperkuat penelitian yang menunjukan bahwa jus delima dapat menghambat tumbuhnya sel-sel tumor, kemudian pada buah delima juga memiliki kemampuan anti-inflamasi yang memberikan kontribusi terhadap properti anti-kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah delima sangat sehat dikonsumsi bagi mereka yang menderitan gangguna kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteroarthritis. Kemudian buah delima juga kaya akan vitamin C, mampu meningkatkan produksi antibody dan pengembangan kekelaban, sehingga konsumsi delima membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat agar terhindar dari penyakit.

5. Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Untuk meningkatkan kesehatan mulut, jus delima bisa menjadi pilihan sebagai pencuci mulut yang baik dibandingkan dengan obat kumur pencuci mulut yang tersedia di toko-toko obat. Hal ini karena senyawa dalam delima memiliki efek antiplaque yang kuat, dan studi menunjukan bahwa hydroalcoholoc dari ekstrak delima 84 persen efektif dalam menurunkan pembentukan plak gigi akibat pertumbuhan mikro-organisme.

loading...
Loading...
31 khasiat buah delima

Inilah 5 Manfaat Kesehatan Konsumsi Buah Delima | chsa | 4.5