Ini Tips Agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak

Ada banyak alasan kenapa bayi dianjurkan untuk banyak tidur. Selain bermanfaat untuk merangsang tumbuh kembang otak, hormon pertumbuhan juga dikeluarkan saat bayi tidur.

Tidur juga punya andil dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap infeksi. Jika tidurnya terganggu, kadar sel darah putih dalam tubuh akan menurun. Lalu, bagaimana caranya agar bayi bisa tidur nyenyak tanpa merasa terganggu?

Menurut dokter spesial konsultan tumbuh kembang anak, Soedjatmiko, sebagaimana yang dikutip dari laman Tribunnews, bahwa lingkungan yang nyaman selama tidur bisa membuat bayi tidur pulas tanpa gangguan.

Karena itu, agar tidur bayi tidak terganggu, maka usahakanlah untuk membuat lingkungan di sekitar bayi nyaman. Mulai dari mengatur suhu ruangan, hingga mengatur cahaya lampu agar tidak terlalu terang.

Tidak hanya faktor lingkungan sekitar yang bisa membuat bayi tidur nyenyak, namun juga apa yang melekat pada bayi. Oleh karena itu, penting juga untuk membuat semua yang melekat pada bayi membuatnya nyaman, seperti alas tidur, pakaian dan popok.

Karena bila sedikit saja bayi merasa tidak nyaman, misalnya gatal sedikit, maka itu bisa menggangu tidur bayi.

Selain asupan nutrisi, kualitas tidur juga bisa mempengaruhi pertumbuhan fisik dan juga perkembangan emosi bayi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok bayi yang tidurnya tidak terganggu, dia akan bangun lebih segar bugar. Kalau tidur terganggu, maka akan menganggu pertumbuhan fisik dan perkembangan emosional.

loading...
Loading...
Ini Tips Agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak | akbar | 4.5