Ini Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Manfaat Buah SemangkaSemangka, buah yang kaya akan kandungan airnya ini sangat nikmat dan menyegarkan untuk dikonsumsi kapan saja. Selain menyegarkan, buah semangka juga kaya akan manfaat, salah satunya adalah buah semangka baik untuk ibu hamil. Selain itu buah semangka ternyata juga bisa bermanfaat untuk mencegah serangan jantung.

Hasil sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Amerika Serikat ditemukan bahwa mengkonsumsi sepotong semangka setiap harinya bisa bermanfaat untuk menghindarkan orang dari serangan jantung, dengan cara menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Selain itu diketahui juga bahwa konsumsi semangka secara teratur juga bisa bermanfaat mengendalikan berat badan. Sebuah penelitian dengan obyek percobaan tikus pernah dilakukan dengan cara memberikan makanan dengan kandungan tinggi lemak dengan potongan buah semangka. Hasilnya, tikus-tikus tersebut terbukti memiliki kandungan rendah lipoprotein (LDL) atau sejenis kolesterol yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Tikus-tikus tersebut juga tidak mengalami pertambahan bobot yang signifikan.

Para peneliti dari Purdue University tersebut juga mengamati bahwa mengonsumsi semangka secara teratur, bisa membuat timbunan lemak dalam pembuluh darah jadi lebih sedikit. Menurut mereka, kandungan citrulline pada buah semangka yang telah memberikan manfaat ajaib itu.

Sebuah penelitian lain juga dilakukan terhadap buah semangka ini. Hasilnya, asam amino yang ditemukan pada semangka memperbaiki performa arteri, dan menurunkan tekanan darah pada satu dari setiap sembilan penderita pra hipertensi. Selain itu juga mempunyai nutrisi lain seperti vitamin A, B6, C, serat, potasium, dan likopen, salah satu jenis antioksidan yang kuat.

loading...
Loading...
Ini Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan | chsa | 4.5