Ini Caranya Menyimpan Bumbu Basah Agar Awet

Ada dua jenis bumbu masakan yang biasa digunakan ibu rumah tangga, yaitu bumbu basah dan bumbu kering. Namun dari kedua jenis bumbu tersebut, bumbu basahlah yang paling banyak dikeluahkan ibu dalam hal cara penyimpananannya. Padahal, sebenarnya cara menyimpan bumbu basah cukup mudah.

Bumbu dan rempah menjadi bahan utama saat mengolah masakan. Bumbu dan juga rempah yang berkontribusi besar dalam memberikan cita rasa yang khas pada masakan. Bagaimana cara membuatnya awet?

Sebagaimana yang dikatakan oleh Helianti Hilman, CEO & Founder Javara Indonesia sebagaimana yang dikutip dari laman okezone, untuk mengawetkan bumbu agar bisa bertahan lama adalah dengan cara mengeringkannya.

“Berbagai bumbu basah bisa diawetkan dengan cara dikeringkan, misalnya jahe yang bisa dikeringkan. Tentu sebelum dikeringkan ada proses yang harus dilakukan terlebih dahulu misalnya dicuci dan diiris menjadi bagian yang lebih kecil” jelasnya ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Hal demikian juga diutarakan Selebriti Chef Ragil Wibowo yang mengatakan mengeringkan bumbu bisa membuatnya bisa bertahan lebih lama dan tidak takut akan cepatnya proses pembusukan.

“Bumbu yang sudah dikeringkan ini bisa awet sangat lama. Kalau ditanya waktunya sampai kapan, maka batas simpan tidak diperlukan lagi,” tukasnya.

loading...
Loading...
menyimpan bumbu basah

Ini Caranya Menyimpan Bumbu Basah Agar Awet | lawas | 4.5