Ini Caranya Memotong Bawang Tanpa Rasa Pedih di Mata

Seringkali mata terasa perih saat kita memotong bawang. Inilah alasan kenapa orang malas mengiris bawang, terlebih bila bawang yang diiris dalam jumlah cukup banyak. Namun, memotong bawang tidak melulu harus disertai dengan keluarnya air mata.

Bawang memiliki kandungan zat sulfur yang saat dipotong akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur.

Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan. Sebagai perlindungan terhadap mata, maka mata akan memproduksi air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu.

Cara Memotong Bawang Tanpa Menyebabkan Mata Menjadi Perih dan Keluar Air Mata

Ada tips dan cara yang bisa dilakukan agar mata tidak terasa perih saat memotong bawang. Karena ada cara memotong bawang tanpa harus keluar air mata yang mengganggu. Berikut beberapa diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman WikiHow:

Dinginkan bawang dalam freezer

Mendinginkan bawang merah atau bawang bombai dalam freezer sebelum dipotong bisa mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan. Anda hanya perlu meletakkan bawang di dalam freezer selama 10-15 menit. Setelahnya baru anda bisa mulai memotong bawang. Anda tidak perlu khawatir dengan cara ini, karena cara ini tidak akan mengubah rasa dan kualitas bawang yang anda gunakan. Namun yang perlu anda perhatikan adalah waktu penyimpanannya, jika terlalu lama maka dikhawatirkan lemari es anda akan berbau kurang sedap.

Potong bawang di dalam air

Anda bisa memotong bawang di dalam air untuk menghilangkan zat yang menghasilkan efek perih. Cara ini dianggap efektif meski agak sulit dilakukan. Bila anda ingin memotong bawang dengan cara ini, maka usahakan untuk berlatih terlebih dahulu agar tidak membahayakan. Bawang yang dipotong juga harusnya tidak yang terlalu tipis.

Potong bawang di dekat uap air

Anda juga bisa memanfaatkan uap panas untuk mengurangi zat yang membuat mata perih dan berair. Uap panas ini bisa didapatkan dari ketel air atau panci berisi air yang dipanaskan terlebih dahulu. Cara kerja uap panas ini adalah membawa pergi zat perih pada bawang sehingga mampu menyingkir dari mata anda.

Gunakan pisau tajam untuk memotong bawang

Enzim penyebab perihnya mata akan dilepaskan saat sel bawang mengalami kerusakan atau hancur, hal ini tentu saja disebabkan terpotongnya bagian bawang. Untuk mengurangi kerusakan enzim yang berlebihan, maka saat memotong bawang usahakan menggunakan pisau yang tajam. Pisau tajam memang memotong bawang, namun tidak menghancurkan sehingga zat pada bawang tidak terlalu banyak keluar. Selain itu pisau tajam juga membuat pekerjaan anda lebih cepat selesai.

Nyalakan lilin saat memotong bawang

Anda bisa menyalakan dan meletakkan lilin di dekat talenan atau menyalakan kompor gas bila anda tidak memiliki lilin. Potong bawang dekat dengan api, tapi ingat jaraknya jangan sampai menimbulkan bahaya kebakaran. Panas akan menarik senyawa belerang menjauh dari mata anda.

Gunakan kipas angin

Anda bisa menggunakan kipas angin untuk menjauh uap bawang dari wajah anda ketika memotongnya.

Itulah beberapa cara memotong bawang tanpa harus merasakan perih dan mengeluarkan air mata. Selamat mencoba.

loading...
Loading...
mata merah kena angin, bawang alas

Ini Caranya Memotong Bawang Tanpa Rasa Pedih di Mata | akbar | 4.5