Ini Cara Mengatasi Masalah WiFi di iOS 9

Banyak pengguna yang mengeluhkan masalah WiFi setelah melakukan pembaruan iOS 9. Masalah yang muncul mulai dari yang aksesnya jadi lambat, tidak bisa terhubung ke router, hingga tidak bisa terkoneksi sama sekali. lalu bila sudah demikian, apa solusi yang harus dilakukan?

Bagi pengguna yang sudah terlanjur melakukan upgrade ke iOS 9, maka sebenarnya tidak perlu downgrade ke iOS 8 untuk mengatasi masalah WiFi tersebut. Karena kita masih bisa melakukan sejumlah cara agar koneksi WiFi kembali normal seperti sedia kala.

Berikut adalah solusi cara mengatasi masalah WiFi di IOS 9 yang bisa dilakukan sebagaimana yang dikutip dari laman detikinet:

– Pertama, cukup lakukan restart sederhana. Tahan tombol Power dan Home secara bersamaan dan tahan hingga 10 detik. Setelah muncul logo Apple, lepaskan kedua tombol tersebut. Setelah itu ada baiknya merestart modem agar perangkat dapat terkoneksi kembali.

– Buka Settings > WiFi, lalu tekan pada jaringan yang bermasalah. Kemudian pilih Forget this Network dan Forget. Saat balik ke halaman WiFi, lakukan kembali koneksi yang bermasalah sebelumnya.

– Lakukan seting ulang semua pengaturan jaringan.Caranya, tekan Settings > General > Reset > Reset Network Settings.

– Beberapa pengguna mengatakan berhasil terkoneksi normal kembali setelah menonaktifkan layanan jaringan WiFi. Adapun caranya Settings > Privacy > Location Services > System Services.

– Bisa jadi biang masalah terletak pada WiFi Assist. Fitur ini secara otomatis mengalihkan ke jaringan seluler bila mana koneksi WiFi tidak bagus. Untuk menonaktifkannya cukup buka Settings > Cellular. Scroll ke bawah hingga menemukan WiFi Assist. Geser tombol ke kiro untuk menonaktifkannya.

– Jika router Anda memiliki filter MAC yang aktif. Maka sebaiknya menonaktifkannya. Kita memang bisa menambahkan MAC Address perangkat iOS 9. Namun Apple membuatnya mengacak, jadi kita harus sering mengubah dan menambahkan MAC Address ke router. Bila tidak ingin repot, nonaktifkan saja.

– Bisa juga masalah terjadi karena DNS. Kita bisa mengubahnya dengan membuka Settings > WiFi. Pilih jaringan yang ingin dikoneksi, kemudian tekan ikon i. Skrol ke bawah hingga menemukan DNS. Tekan pada bagian angka bila ingin mengubahnya. Bila ingin menggunakan DNS milik Google masukkan 8.8.8.8 atau 8.8.8.4. Bila ingin menggunakan OpenDNS masukkan 208.67.222.222 atau 208.67.222.220.

– Jika menggunakan layanan VPN, pastikan check-in dan mendapatkan pembaruan yang mendukung iOS 9. Bila diminta instal ulang, silahkan melakukan.

– Pastikan firmware Router terupdate. Silahkan cek di website pembuat router Anda.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah WiFi setelah mengupdate iOS 9.

loading...
About these ads

Loading...
Ini Cara Mengatasi Masalah WiFi di iOS 9 | akbar | 4.5