Ini Alasan Kenapa Harus Mengurangi Konsumsi Daging Olahan

Sekarang ini sudah ada banyak jenis daging olahan yang dijual. Sayangnya, mengonsumsi daging olahan secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah dapat memicu kanker.

Pakar Gizi dari STIKBA Baiturrahim Jambi, Iswanto SKM MPH, sebagaimana yang dikutip dari laman Tribunnews, mengatakan bahwa makanan yang berasal dari daging olahan bisa memicu kanker karena mengandung bahan tambahan pangan bernama Nitrit. Bahan tambahan pangan ini berfungsi untuk memberikan warna cerah seperti pada sosis, meningkatkan cita rasa dan pengawet.

Efek mengonsumsi daging olahan dalam jangka panjang adalah nitrit akan bereaksi dengan amida dan amino hingga menjadi nitrosamin. Inilah yang menjadi pencetus kanker atau karsinogenik.

Tips Mengonsumsi Daging Olahan

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM sendiri sudah menetapkan batasan penggunaan nitrit yaitu dari nol sampai 0,06 mg perhari. Namun akan lebih baik untuk tidak mengonsumsinya.

loading...

Karena itu bila memang terpaksa harus mengonsumsi daging olahan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan daging olahan tersebut mengantongi sertifikasi halal dari MUI. Kedua, daging olahan harus terdaftar dalam BPOM dan perhatikan kedaluwarsanya.

Ketiga, konsumsi dalam batas yang wajar atau tidak berlebihan. Dibawah 50 mg perhari. Keempat, barengi dengan menu seimbang sayur dan buah.

loading...
Loading...
Ini Alasan Kenapa Harus Mengurangi Konsumsi Daging Olahan | akbar | 4.5