Ini Akibatnya Bila Sering Menahan Kencing

Tentunya anda pernah merasakan bagaimana rasanya saat harus menahan kencing akibat sulit menemukan kamar kecil di sekitar anda berada saat itu. Namun, tahukah anda apa akibatnya bilsa terlalu sering menahan kencing?

Laman Thehealthsite menjelaskan tentang beberapa kemungkinan buruk yang akan muncul bila anda sering menahan kencing. Berikut diantaranya:

Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Infeksi Saluran Kencing atau ISK adalah efek samping yang umum terjadi ketika seseorang menahan kencing terlalu lama. Menurut Dr Anthony Komaroff dari Harvard Medical School, penyebab infeksi saluran kencing adalah karena bakteri berkumpul di sekitar pembukaan uretra (saluran tempat urin keluar dari kandung kemih) yang bisa masuk bila anda tidak cukup sering buang air.

Kandung kemih sensitif

Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas kandung kemih yang berbeda. Namun ketika seseorang sudah terbiasa menahan kencing, hal itu bisa membuat kandung kemih menjadi jauh lebih sensitif. Sensor cenderung menjadi terlalu aktif dan membuat seseorang merasa seperti ingin kencing lebih sering dari biasanya. Hal itu juga yang merupakan tanda umum dari infeksi saluran kencing. Oleh karena itu bila gejala tersebut sering muncul, maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri

Sindrom nyeri kandung kemihjuga bisa muncul akibat dari sering menahan kencing. Walaupun alasan untuk timbulnya kondisi ini masih belum diketahui, namun beberapa ahli percaya bahwa tidak buang air kecil untuk waktu yang lama menjadi pemicunya.

Itulah beberapa bahaya akibat dari sering menahan kencing terlalu lama. Bila selama ini anda terbiasa menahan kencing, maka mulai sekarang ada baiknya bila anda mengubah kebiasaan buruk tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

loading...
Loading...
Ini Akibatnya Bila Sering Menahan Kencing | akbar | 4.5