Ini 5 Alasan Penyebab Wanita Merasa Nyeri Saat Menstruasi

Tidak sedikit kaum wanita yang merasakan nyeri saat sedang menstruasi. Bahkan terkadang karena sedemikian rasa sakit yang muncul membuat tubuh wanita menjadi terasa lemah. Sebenarnya, apa penyebab wanita mersa nyeri saat menstruasi?

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada lima alasan yang menjadi penyebab nyeri haid.

1. Pelekatan lapisan rahim

Nyeri yang muncul saat sedang haid seringkali terjadi karena pelekatan, peradangan, atau pendarahan internal di area endometrium atau lapisan rahim, sehingga bisa menyebabkan nyeri panggul.

2. Pergesekan otot rahim

Wanita yang sedang menstruasi biasanya mengalami pergesekan otot-otot rahim sampai terjadi memar. Akibatnya, rasa nyeri yang dirasakan akan luar biasa saat wanita mengalami masalah ini.

3. Mengalami fibroid rahim

Tiga dari empat wanita akan mengalami pertumbuhan tumor non-kanker di dinding rahim wanita atau dikenal dengan istilah fibroid rahim. Namun, kenyataannya tidak ada gejala bahaya yang harus dikhawatirkan karena bersifat sementara. Selain nyeri haid, kasus fibroid rahim juga bisa jadi penyebab siklus haid wanita tidak lancar setiap bulan.

4. Infeksi saluran reproduksi

Infeksi saluran reproduksi wanita atau dikenal pelvic inflammatory disease disebabkan penyakit menular seksual yang tidak diobati. Infeksi ini bisa menyebabkan jaringan parut di dekat panggul. Selama menstruasi, hormon akan memengaruhi rahim, jaringan parut, dan perlengketan.

5. Pengaruh alat kontrasepsi

Setelah menikah, beberapa wanita memilih untuk memasang kontrasepsi IUD untuk mencegah kehamilan. Namun efeknya adalah ketika haid, terkadang rasa sakit yang hebat akibat nyeri tak terhindarkan. Hal ini karena IUD dipasang di area rahim wanita sehingga akan mengganggu kelancaran aliran darah.

Itulah beberapa alasan yang bisa jadi penyebab wanita merasakan sakit nyeri saat sedang haid atau menstruasi.

loading...
Loading...
Ini 5 Alasan Penyebab Wanita Merasa Nyeri Saat Menstruasi | lawas | 4.5