Info Penyakit: Penyakit Kaki Gajah

Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Kaki GajahPenyakit kaki gajah disebabkan oleh parasit seperti cacing benang, wuchereria bancrofti, dan ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk. Infeksi jangka panjang dapat menyebabkan pembesaran kronis dan menyebar dari lengan sampai kaki dari segala usia. Hal ini juga menyebabkan pembengkakan parah di alat kelamin laki-laki; kondisi yang dikenal sebagai hidrokel. Infeksi penyakit kaki gajah dapat menyebabkan kecacatan fisik dan psikologis yang parah. Selain itu, pria dengan hydroceles sering menderita disfungsi seksual. Seperti onchocerciasis, penyakit kaki gajah juga memiliki dampak ekonomi yang signifikan ketika produktivitas berkurang karena cacat yang disebabkan oleh penyakit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa di seluruh dunia ada:

  • Lebih dari 1 miliar orang berisiko terinfeksi
  • Lebih dari 120 juta orang yang terinfeksi, 40 juta hidup di Afrika

Diagnosis definitif dari penyakit kaki gajah adalah melalui identifikasi mikrofilaria dalam sampel darah yang diambil pada malam hari. Sebuah tes immunodiagnostic baru, berdasarkan deteksi antigen dari W. bancrofti, sangat spesifik dan sensitif. Manfaat tambahan dari tes ini adalah bahwa sampel darah tidak harus diambil pada malam hari.

Gejala Penyakit Kaki Gajah

Pada tahun pertama infeksi, seseorang bisa mengalami beberapa gejala ringan. Namun, dengan infeksi berulang selama beberapa tahun, seseorang dapat mengembangkan manifestasi dari penyakit. Melalui berbagai mekanisme, cacing dewasa dalam sistem limfatik mengubah struktur dan fungsi pembuluh limfatik, sehingga menyebabkan kondisi berikut:

  • Adenolymphangitis: pembuluh limfatik meradang yang menonjol
  • Lymphedema: akumulasi abnormal cairan getah bening dalam jaringan, menyebabkan pembengkakan anggota tubuh atau bagian lain dari tubuh yang kemudian lebih rentan terhadap infeksi bakteri.
  • Elephantiasis: menonaktifkan sistem anggota badan, payudara atau alat kelamin, disertai dengan penebalan kulit.
  • Hidrokel: berisi cairan seperti balon di sekitar testis, jika tidak ditangani, dapat menghancurkan testis.

Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah telah dilaporkan dari 80 negara / wilayah di Afrika, Asia, Pasifik Barat, dan bagian dari Amerika. Cara terbaik untuk mencegah penyakit kaki gajah adalah dengan menghindari gigitan nyamuk yang membawa cacing mikroskopis biasanya menggigit antara jam senja dan fajar.

Pendekatan lain untuk pencegahan penyakit kaki gajah termasuk memberikan obat yang membunuh cacing dan mengendalikan nyamuk. Pengobatan massal tahunan mengurangi tingkat penyakit kaki gajah dalam darah, dan dengan demikian mengurangi penularan infeksi. Ini adalah dasar dari kampanye global untuk menghilangkan penyakit kaki gajah.

Para ahli menganggap bahwa penyakit kaki gajah dapat diberantas dengan kampanye global untuk menghilangkan penyakit kaki gajah sebagai masalah kesehatan masyarakat yang sedang berlangsung. Strategi eliminasi berdasarkan pengobatan tahunan ke seluruh masyarakat dengan memberikan kombinasi obat yang membunuh mikrofilaria tersebut. Karena obat ini juga mengurangi tingkat infeksi cacingan.

loading...
Loading...
manfaat gajah bagi masyarakat, kegunaan gajah untuk manusia, apa manfaat gajah bagi manusia, fungsi daging gajah, kegunaan gajah bagi manusia, manfaat gajah bagi kehidupan manusia

Info Penyakit: Penyakit Kaki Gajah | chsa | 4.5