Hindari Membungkus Bekal Makan Anak Memakai Bahan Plastik

Banyaknya jajanan anak yang tidak sehat yang dijual oleh pedagang keliling membuat orang tua merasa khawatir akan kesehatan anak-anaknya. Karena itu banyak orang tua lebih memilih untuk membawakan anaknya bekal makan sendiri dari rumah.

Selain lebih sehat, membawa bekal makanan dari rumah juga bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan sang anak. Orang tau pun tidak perlu lagi merasa khawatir anaknya akan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Namun membawa bekal makanan sendiri dari rumah pun tidak selamanya sehat dan aman bagi anak, terlebih bila bekal makanan dibungkus menggunakan wadah plastik. Apa alasannya?

Dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa alasan kenapa wadah berbahan plastik tidak baik untuk kesehatan. Berikut diantaranya:

Mengandung bisphenol A

Bisphenol A atau dikenal BPA umumnya digunakan dalam plastik berbobot ringan atau keras, seperti botol air atau botol susu bayi. BPA, bahkan ditemukan dalam kaleng makanan. Menurut sebuah studi yang dilakukan, BPA memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes, penyakit jantung dan racun hati.

Adanya phthalates

Phthalates ditemukan dalam berbagai macam bahan seperti pipa PVC dan parfum. Kandungan berbahaya ini akan memengaruhi produksi hormon testosteron dan sistem reproduksi laki-laki. Menurut penelitian, hal itu dapat masuk ke tubuh kita dari berbagai macam kemasan. Bahkan, dapat pula terakumulasi dalam tanaman pangan atau ternak pangan yang kita makan.

Alat masak teflon

Wajan teflon memang sangat disukai ibu-ibu karena tidak membuat wajan lengket. Tapi, penelitian telah mengungkapkan bahwa alat masak teflon berbahaya saat terkena suhu yang sangat tinggi. Diketahui, pelapis teflon dapat melepaskan zat berbahaya dalam makanan. Sehingga, ini akan memengaruhi nutrisi makanan yang Anda lahap, meski dalam kondisi fresh.

Hindari wadah plastik

Jangan menggunakan peralatan masak atau makan yang terbuat dari plastik. Apalagi bila dipanaskan bisa mentransfer sejumlah besar bahan berbahaya ke dalam makanan Anda. Sebaliknya, memilih peralatan masak yang terbuat dari stainless steel atau kaca. Ini adalah solusi yang sehat untuk kesehatan dan tetap menjaga nutrisi Anda.

loading...
Loading...
Hindari Membungkus Bekal Makan Anak Memakai Bahan Plastik | akbar | 4.5