Hindari! 3 Minuman Penyebab Tekanan Darah Naik

Minum secangkir kopi di siang hari menjelang sore sungguh terasa nikmat. Dampaknya adalah tubuh menjadi lebih segar dan rasa kantuk pun hilang seketika. Namun ada yang perlu diwaspadai dibalik kenikmatan secangkir kopi yang kita nikmati setiap harinya.

Salah satu dampak buruk dari kebiasaan minum kopi adalah tekanan darah yang naik. Ini tentu bisa berbahaya bagi yang mengidap masalah tekanan darah tinggi.

Namun ternyata tidak hanya kopi saja minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah naik. Karena beberapa jenis minuman lain juga bisa menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Apa sajakah itu?

3 Minuman Penyebab Tekanan Darah Naik yang Harus Dihindari

Dikutip dari laman Zeenews bahwa selain kopi ada juga beberapa minuman lain yang bisa menyebabkan tekanan darah naik. Berikut adalah diantaranya:

1. Alkohol

Bagi penderita tekanan darah tinggi, alkohol merupakan minuman berbahaya yang harus dihindari. Ini karena alkohol aktif menyebabkan tekanan darah naik. Hal ini juga akan merusak dinding pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan komplikasi lebih lanjut.

2. Kopi

Seperti yang disebutkan diatas bahwa kopi bisa membuat tekanan darah naik dengan segera. Karena itu sebaiknya kurangi kebiasaan minum kopi. Karena, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah secara drastis. Kalaupun tidak bisa bisa berhenti dari rutinitas minum kopi, setidaknya cukup minum secangkir kopi sehari.

3. Susu berlemak

Sebagai sumber kalsium, susu sangat baik utnuk dikonsumsi sebagai nutrisi untuk tulang. Namun pada beberapa susu juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga melebihi kebutuhan harian. Segelas susu mengandung sekira 8 gram lemak, 5 gram di antaranya lemak jenuh yang berdampak pada peningkatan tekanan darah.

Selain ketiga minuman penyebab tekanan darah tinggi naik, perlu juga dihindari beberapa makanan pemicu tekanan darah tinggi. Seperti misalnya makanan yang harus dihindari penderita hipertensi adalah daging merah daging sapi, daging kambing dan juga domba. Sayur dan buah kalengan yang memiliki kandungan bahan pengawet, sodium yang tinggi juga perlu dihindari terutama bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

loading...
About these ads

Loading...
Hindari! 3 Minuman Penyebab Tekanan Darah Naik | akbar | 4.5