Heboh Pembalut Wanita Mengandung Klorin, Ini Daftar Mereknya

Halaman: 1 2

Pembalut yang umum beredar di pasaran ternyata mengandung klorin yang membahayakan kesehatan, demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia sebagaimana dikutip dari laman Tempo.

“Klorin terkandung pada bagian kertas yang melapisi pembalut sebagai bahan bleaching (pemutih), juga pada lapisan kapas,” tutur Ilyani Sudrajat, anggota Pengurus Harian YLKI, dalam konferensi pers yang digelar di kantor YLKI, Selasa, 7 Juli 2015.

Menurut Ilyani Sudrajat, Anggota Pengurus Harian YLKI, selama ini ada cukup banyak keluhan dari wanita yang mengatakan bahwa pembalut yang mereka gunakan menyebabkan iritasi. “Kami sendiri orang-orang YLKI juga merasakan dampak buruk pembalut yang merugikan kesehatan,” kata Ilyani dalam konferensi pers di kantornya, Selasa, 7 Juli 2015.

Adapun di Indonesia sendiri, Standar Nasional Indonesia (SNI) pembalut dan pantyliner belum mencantumkan kadar klorin di dalamnya. Karena itu Ilyani menyatakan bahwa konsumen harus berhati-hati dalam memilih produk pembalut karena menyangkut ancaman bahaya yang cukup serius. “Ini menyangkut reproduksi perempuan sehingga harus diperhatikan dengan baik. Sayangnya, pemerintah kita belum membuat regulasi tentang hal ini,” ujar Ilyani.

loading...

Daftar Merek Pembalut dan Pantyliner yang Mengandung Klorin

Klorin adalah zat kimia yang seharusnya tak boleh ada dalam pembalut wanita. Adapun fungsi atau kegunaan dari klorin adalah sebagai bahan pemutih.

Dalam pengujian yang dilakukan di laboratorium independen TUV NORD pada Januari-Februari 2015, terbukti ada sembilan merek pembalut dan tujuh merek pantyliner mengandung klorin dengan kadar beragam, dengan hasil sebagai berikut:

loading...
Loading...
gambar cara memakai pembalut, cara memakai pembalut dan gambarnya, cara memakai pembalut beserta gambar, softness jumbo pack, softnes standar jumbo, softnes standar jumbo pack

Heboh Pembalut Wanita Mengandung Klorin, Ini Daftar Mereknya | akbar | 4.5