Hasil Penelitian Membuktikan Kalau Madu Ampuh untuk Menyembuhkan Sariawan

Manfaat madu sudah tidak diragukan lagi. Diantara sekian banyak manfaat dari madu adalah bisa untuk mengobati sariawan. Demikian hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Arab Saudi.

Para peneliti dari Universitas Salman bin Abdul Aziz mengumpulkan sekelompok penderita sariawan yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Dari ketiga kelompok tersebut ada yang diobati dengan madu, krim kortikosteroid oral, dan pasta pelindung luka sariawan.

Dalam waktu empat hari, semua sariawan yang diobati dengan madu bisa hilang. Berbeda dengan dua jenis obat lainnya yang hanya mampu mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Hasil ini pun diperkuat oleh para ahli lain yang sudah meneliti kandungan yang ada di dalam madu.

“Madu mempunyai kandungan antibakteri yang kuat. Dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, kulit melepuh hingga sariawan,” ungkap Peter Molan, Unit Peneliti Madu dari University of Waikato, Selandia Baru.

Namun tidak semua madu bisa menyembuhkan sariawan, semua itu tergantung dari kualitas madu. Beberapa madu yang berpotensi untuk menyembuhkan sariawan, yakni jenis madu manuka atau varietas thyme.

Untuk cara mengobati sariawan dengan madu sangatlah mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan madu secukupnya dengan kapas kering tepat di area mulut yang sariawan. Demikian sebagaimana yang dilansir dari Prevention, Kamis (18/12/2014).

loading...
Loading...
Hasil Penelitian Membuktikan Kalau Madu Ampuh untuk Menyembuhkan Sariawan | lawas | 4.5