Hal-hal Sederhana yang Bisa Membuat Mobil Anda Tetap Sehat

Punya mobil kini bukan lagi impian yang sulit untuk diwujudkan. Ada banyak merk mobil murah yang sekarang dijual di Indonesia. Meski mobil yang kita beli masuk dalam kategori mobil murah, namun melakukan perawatan secara rutin haruslah tetap dilakukan. Jangan sampai pada waktu akan menggunakan mobil ternyata mobil tidak bisa distarter. Atau mungkin bagaimana bila tiba-tiba mobil ngadat di jalan?

Hal-hal Sederhana yang Bisa Membuat Mobil Anda Tetap Sehat

Merawat mobil secara rutin akan membuat mobil selalu dalam kondisi prima dan siap digunakan setiap saat untuk membawa anda dan keluarga berjalan-jalan. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat mobil anda selalu dalam kondisi sehat dan priam:

  1. Tidak menggunakan mobil untuk pergi ke tempat-tempat yang sangat dekat. Karena pemilik mobil cenderung tidak memberi waktu untuk memanaskan mesin mobil jika hendak pergi ke tempat-tempat yang dekat. Kalau bisa jalan kaki/ naik sepeda saja. Hal ini tidak hanya memperpanjang usia mobil anda, tapi juga bisa memperpanjang usia anda.
  2. Rutinlah melakukan tune-up. Semakin cepat masalah yang terjadi di mobil anda dideteksi, semakin cepat ditangani. Kerusakan yang sudah parah akan memakan banyak biaya.
  3. Rutin mengganti oli. Ini yang paling penting. Gantilah Oli maksimal setiap 5000km
  4. Ganti semua hal yang berhubungan dengan minyak (selain oli) paling lama 2 tahun sekali (misal : minyak rem, minyak power steering, minyak kopling, dll).
  5. Ganti filter udara setiap 15.000 km. Filter udara adalah komponen yang murah namun memegang peranan penting dalam mencegah debu masuk dan mengotori mesin.
  6. Ganti bantalan rem. Pastikan ketebalan bantalan cukup untuk mencegah kerusakan metal disk.
  7. Rutin menukar ban mobil secara diagonal (ban belakang kiri ke depan kanan dst). Lakukan minimal 2 x setahun. Periksa juga tekanan ban anda setiap hari. Menggunakan ban yang kempes bisa mengurangi usia ban sampai 15%
  8. Jangan suka menekan gas dalam-dalam saat memanasi mobil. Tekan pelan-pelan, jangan terlalu dalam. Saat baru dinyalakan oli masih dalam keadaan kental karena masih dingin.
  9. Gunakan rem tangan saat parkir, jangan memasukan gigi karena hal ini bisamerusak transmisi secara perlahan.
  10. Rutinlah membersihkan mobil sampai ke dalam-dalamnya terutama di musim hujan.

OK. Itulah beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat mobil agar selalu dalam kondisi sehat dan pria sehingga nantinya saat anda akan menggunakan mobil tersebut mobil siap tanpa ada kendala.

loading...
Loading...
Hal-hal Sederhana yang Bisa Membuat Mobil Anda Tetap Sehat | akbar | 4.5