Gula Bisa Pengaruhi Kesehatan Gigi

Bahaya Akibat dari Kebanyakan Mengonsumsi Gula – Makanan dengan kandungan gula memang merupakan salah satu sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun jika mengkonsumsi gula terlalu banyak, bisa memberikan pengaruh negatif kepada kesehatan.

Gula sendiri merupakan musuh yang terbesar bagi gigi. Zat gula yang terdapat di dalam rongga mulut bisa menjadi makanan empuk bagi bakteri serta mengubahnya menjadi asam. Dan asam inilah yang bisa merusak gigi. Penelitian juga menemukan bahwa lubang yang terdapat did alam gigi bisa terus melebar jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis.

Oleh sebab itu, direkomendasikan oleh WHO agar membatasi asupan gula kurang dari 5 persen dari total kalori harian atau setara 25 gram gula yang juga setara 6 sendok teh. WHO sendiri di tahun 2012 lalu merekomendasikan guna menurunkan asupan gula dari 10 % di asupan harian

Jika mengurangi gula kurang dari 5 persen, tentu saja bisa memberikan manfaat untuk gigi berlubang. Asupan gula sendiri terdiri dari sukrosa, glukosa dan juga fruktosa. Banyak jajanan seperti permen, minuman bersoda hingga makanan manis dengan kadar gula yang cukup tinggi.

Salah satu cara guna mengurangi asupan gula dengan cara makan dan ngemil digabung menjadi satu. Orangtua tentu saja harus membatasi konsumsi gula kepada anak. Jaga kesehatan gigi dengan cara membersihkan gigi setelah mengonsumsi susu dan makanan menjadi salah satu cara agar gigi tidak rusak. Selain itu menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari ketika pagi usai sarapan dan malam sebelum tidur menjadi kegiatan yang harus dikerjakan setiap hari.

loading...
About these ads

Loading...
Gula Bisa Pengaruhi Kesehatan Gigi | akbar | 4.5