Goa Gong di Pacitan Adalah Goa Terindah Se-Asia Tenggara

Apa yang anda pikirkan ketika anda mendengar tentang wisata goa? Goa identik dengan hal yang menyeramkan dan gelap. Mungkin anda tidak tahu bahwa beberapa goa menyimpan berbagai keindahan di dalamnya.

Sebagai orang Indonesia, kita patut berbangga karena goa terindah se-Asia Tenggara ada di Pacitan, Jawa Timur. Sayangnya, tidak begitu banyak orang Indonesia yang tahu tentang hal ini.

Goa tersebut bernama Goa Gong Pacitan. Untuk dapat menikmati keindahan goa ini, kita bisa menyusurinya selama 2 jam. Di dalamnya kita bisa melihat panorama stalagmit dan stalaktit.

Untuk menikmati panorama yang begitu menakjubkan tersebut, anda hanya harus membayar 5 ribu rupiah untuk sekali masuk. Ini sangat murah untuk sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup.

Ketika anda berada di dalamnya, andakan takjub dengan melihat berbagai pemandangan shawl drappery, gong cave, tetesan diujung goa dan rekahan endapan kalsium.

Stalagmit dan stalaktit yang menghiasi goa sedalam 256 meter ini berumur ratusan tahun. Awal mula munculnya goa ini karena adanya aktifitas vulkanik yang terjadi pada ratusan hingga ribuan tahun silam.

Stalagmit dan stalaktit yang terdapat di dalam goa tersebut terus mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan yang terjadi memang tidak signifikan, hanya sekitar 0.1 hingga 0.13 mm dalam satu tahun.

Keindahan goa tersebut mungkin tidak akan terlihat jika dalam keadaan gelap. Namun, anda tidak perlu khawatir dengan kegelapan, di dalam Goa Gong Pacitan sudah dilengkapi dengan berbagai lampu warna-warni. Keindahan ukiran stalagmit dan stalaktit bertambah indah tatkala dipadukan dengan cahaya berwarna dari lampu yang dipasang.

Setelah anda puas menyusuri dalam goa, anda bisa keluar dan membawa ketakjuban tersebut pulang. Untuk melengkapi perjalanan anda ke Goa Gong Pacitan, anda bisa membeli souvenir yang dijual para pedagang begitu anda keluar dari Goa.
Souvenir-souvenir tersebut dijajakan dengan harga yang cukup terjangkau sesuai dengan kualitasnya. Harga yang ditawarkan berkisar antara 50 – 150 ribu rupiah. Selain souvenir, anda juga dapat jajan makanan di sana.

Bagi anda yang berniat untuk mengunjungi Goa Gong Pacitan, kota yang harus anda tuju tentu saja adalah Pacitan. Bagi anda yang berlibur ke Jogja dan ingin sekalian ke sini, anda bisa menempuh rute Jogja – Solo – Ponorogo – Madiun – Pacitan. Dari Jogja ke Pacitan anda membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk melakukan perjalanan. Setelah kita tiba di Pacitan, kita memerlukan waktu 30 menit untuk bisa sampai di Goa Gong Pacitan ini.

Setelah melakukan perjalanan yang panjang menuju tempat ini, tentu saja anda merasa lelah. Menginap adalah salah satu opsi yang bisa menjadi pilihan anda. Anda bisa memilih salah satu hotel yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Lokasi hotel bisa anda tentukan sendiri. Banyak juga penginapan selain hotel yang tersedia di sekitaran Goa Gong Pacitan ini. Tentu saja setiap jenis penginapan tersebut mempunyai fasilitas dan harga yang berbeda-beda.

Anda bisa juga mencari penginapan yang jauh dari Goa Gong tersebut, yakni di Pusat Kota Pacitan saja. Ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak hanya ingin mengunjungi Goa Gong Pacitan. Anda bisa menjelajah ke berbagai tempat wisata lainnya di Pacitan. Mungkin tidak terlalu banyak review tentang tempat wisata di Pacitan. Anda harus mengunjunginya langsung dan eksplorasi mana tempat saja yang bisa anda kunjungi sebagai wisata.

loading...
Loading...
Goa Gong di Pacitan Adalah Goa Terindah Se-Asia Tenggara | akbar | 4.5