Gejala Kanker Usus yang Wajib Anda Ketahui

Kanker usus adalah penyakit kanker yang berbahaya. Menurut laporan World Health Organization, kanker usus menyebabkan 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun. Gaya hidup tidak sehat dan penggunaan obat-obatan masyarakat modern saat ini ditengarai menjadi salah satu penyebab kanker usus.

Penyebab kanker usus adalah karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di area usus besar, kecil, buntu, atau bahkan anus. Kanker usus muncul di sepanjang jaringan tipis di sepanjang usus dan biasanya didiagnosis dengan metode kolonoskopi.

Beberapa faktor yang menyebabkan resiko seseorang terkena kanker usus adalah usia, sejarah keluarga, dan kebiasaan merokok. Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas dan jarang makan sayur serta buah juga sering disebutkan sebagai salah satu pemicu kanker usus.

Gejala Awal Kanker Usus

Dikutip dari laman Daily Mail, beberapa pasien dengan penyakit kanker usus datang kepada dokter dengan kombinasi gejala seperti berikut ini:

1. Perubahan pada kebiasaan buang air besar yang terjadi terus menerus. Hal ini menyebabkan seseorang untuk pergi ke toilet lebih sering dan lulus tinja tidak padat, dibarengin dengan munculnya darah.

2. Perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar tanpa darah dalam tinja mereka, tetapi dengan sakit perut.

3. Darah dalam tinja tanpa gejala ambeien lainnya, seperti nyeri, rasa tidak nyaman, nyeri, gatal, atau benjolan menggantung di luar rektum.

4. Sakit perut, ketidaknyamanan atau kembung selalu diprovokasi dengan makan, dan kadang-kadang menghasilkan penurunan dalam jumlah yang dimakan dan penurunan berat badan.

Itulah beberapa gejala awal kanker usus yang sering dikeluhkan penderita kanker usus. Dengan mengetahui gejala awal kanker usus hal ini sangat membantu dalam mendeteksi dini kemungkinan adanya kanker usus.

Ketika anda atau keluarga ada yang mengalami gejala seperti tersebut, maka tindakan terbaik yang bisa dilakukan adalah segera ke dokter untuk melakukan konsultasi serta pengecekan terhadap kemungkinan adanya kanker usus.

Menjalani gaya hidup sehat bisa menjadi salah satu cara mencegah kanker usus. Hindarilah rokok, jaga berat badan serta rajin olahraga agar anda terhindar dari kanker usus.

loading...
Loading...
Gejala Kanker Usus yang Wajib Anda Ketahui | akbar | 4.5