Gejala Kanker Usus Besar yang Wajib Anda Ketahui

Banyak orang beranggapan bahwa ketika ada bercak darah yang ikut keluar ketika buang air besar (BAB) adalah tanda wasir atau ambien. Padahal, bisa jadi itu adalah salah satu gejala kanker usus besar atau kolorektal.

Untuk itu, ketika seseorang mendapati adanya bercak darah yang ikut keluar saat buang air besar, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab munculnya darah saat buang air besar.

Buang air besar disertai bercak darah adalah gejala umum dari kanker usus. Nantinya dokter akan mengenali gejala lainnya lalu bisa juga melakukan pemeriksaan screening usus besar dengan kolonoskopi. Kolonoskopi merupakan sebuah pemeriksaan dengan memasukkan alah untuk melihat kondisi usus besar. Hanya dibutuhkan waktu sekita 10-30 menit untuk menjalani screening ini.

Selain adanya bercak darah saat buang air besar, ada beberapa gejala lainnya yang bisa menjadi pertanda kanker usus besar. Dokter Dean Koh, General Surgeon Mount Elizabeth Novena Hospital Singapore, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com menjelaskan tentang gejala lain dari kanker usus besar:

1. Perubahan frekuensi BAB
Anda tentunya mengenali bagaimana kebiasaan tubuh, termasuk saat buang air besar. Bila biasanya anda buang air besar hanya satu atau dua kali dalam sehari, kemudian berubah menjadi seminggu sekali, maka anda perlu mewaspadainya.

2. Anemia yang tak dapat dijelaskan penyebabnya.
Anda menjadi mudah lelah dan sesak napas saat beraktivitas.

3. Kehilangan berat badan tanpa diketahui penyebabnya.

4. Perut sering merasa tidak nyaman.

loading...
Loading...
Gejala Kanker Usus Besar yang Wajib Anda Ketahui | lawas | 4.5