Gejala dan Pertolongan Pertama Pada Orang yang Tersedak

Tersedak adalah tersumbatnya trachea (batang tenggrok) oleh benda asing, muntah, atau cairan lain. Tersedak merupakan kondisi yang berbahaya dan bisa mengganggu saluran pernapasan hingga menyebabkan kematian. Kewaspadaan terhadap bahaya tersedak tidak hanya melihat dari jenis kelamin, ataupun usia, karena siapa saja dimana saja bisa tersedak, dan tanpa pertolongan yang tepat dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Gejala Orang yang Tersedak

Pada orang yang tersedak maka biasanya akan memunculkan gejala yang dapat dilihat. Beberapa gejala tersedak misalnya adalah:

  • Tidak dapat berbicara atau menjerit
  • Wajah membiru akibat kekurangan oksigen
  • Penderita seperti tercekik
  • Batuk dan pernapasan yang dipaksakan menimbulkan suara hempasan yang tinggi.

Cara Menolong Orang yang Tersedak

Seseorang dikatakan tersedak ketika ada benda asing berupa makanan, benda, atau apa pun bentuknya yang masuk ke saluran pernapasan dan menyumbat jalan napas. Pada saat tersedak, maka dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih untuk membantu melancarkan aliran makanan atau benda yang terhenti di kerongkongan.

Pertolongan yang tepat dapat membantu mengatasi tersedak hingga menghindarkan penderita dari kesulitan bernapas yang dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Menolong orang yang tersedak harus dilakukan sesegara mungkin dan tentu saja dengan cara yang benar. Berikut ini adalah tata cara memberikan pertolongan pertama untuk orang yang tersedak:

1. Tepuk punggung si korban tersedak, jika belum berhasil lanjutkan ke langkah kedua.

2. Lingkarkan kedua lengan anda di pinggang korban, tepatnya di antara pusar dan pertemuan iga kiri dan kanan.

3. Kemudian penolong menghentakan tangannya ke atas seraya menarik tubuh korban ke belakang.

4. Cara ini bisa dilakukan berulang kali hingga benda penyebab tersedak keluar. Jangan lupa untuk meminta pasien memuntahkan benda yang membuatnya tersedak.

Ketika cara menolong orang yang tersedak tersebut yang sudah dilakukan tidak juga berhasil mengatasi masalah tersedak yang diderita, maka segeralah menghubungi paramedi terdekat untuk mendapatkan bantuan yang lebih tepat untuk mengatasi tersedak. Dalam dunia medis, cara mengatasi tersedak seperti ini dinamakan dengan istilah Heimlich maneuver.

loading...
Loading...
Gejala dan Pertolongan Pertama Pada Orang yang Tersedak | akbar | 4.5