Gaya Hidup Buruk yang Jadi Penyebab Hipertensi

Gaya hidup masyarakat modern kini yang cenderung kurang sehat membuat banyak orang rawan terkena penyakit, termasuk salah satunya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun sayang, penyakit yang rawan menyerang masyarakat modern seperti sekarang ini ternyata kurang disadari oleh kebanyakan orang. Padahal, hipertensi cukup beresiko jadi penyebab serangan jantung.

Penyebab Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab resiko serangan jantung pada masyarakat modern. Gaya hidup yang buruk menjadi salah satu penyebabnya. Dan berikut ini adalah beberapa gaya hidup buruk yang jadi penyebab seseorang mudah terkena hipertensi yang jadi faktor resiko penyebab serangan jantung.

1. Produk tembakau

Semua jenis produk tembakau dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Karena itu bila anda tidak ingin terkena tekanan darah tinggi, maka jauhilah segala jenis produk dari tembakau.

2. Stres

Tekanan darah akan meningkat saat seseorang mengalami bebabn pikiran atau stres. Padahal, stres merupakan faktor paling berbahaya yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Kurang aktivitas fisik

Ketika tubuh kurang gerak atau secara fisik kurang aktif, maka hal itu bisa mempengaruhi pembuluh arteri. Bila pembuluh arteri ini kehilangan elastisitasnya, maka yang terjadi adalah tekanan darah mungkin akan meningkat. Untuk mencegah hal itu terjadi maka sangat penting untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin dalam bentuk olahraga misalnya untuk menghindari kemungkinan terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa contoh gaya hidup tidak sehat penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi yang harus dihindari. Selain itu, untuk mencegah tekanan darah tinggi seseorang juga harus menjaga pola makan yang sehat seperti misalnya menghindari makanan junk food, mengurangi garam dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Demikian adalah sedikit informasi mengenai beberapa contoh gaya hidup kurang sehat yang bisa jadi akan membuat anda terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Gaya Hidup Buruk yang Jadi Penyebab Hipertensi | akbar | 4.5