Gangguan Menstruasi yang Harus Diwaspadai Wanita

Ketika seorang wanita mengalami perubahan mendadak pada siklus menstruasi, maka hal itu perlu diwaspadai karena itu bisa mungkin menjadi sinyal kesehatan yang buruk. Untuk itu ada baiknya bila anda segera mengunjungi dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit serius yang anda derita.

Tidak teraturnya siklus menstruasi bisa menjadi indikator adanya ketidakseimbangan hormon, masalah tiroid, kista di indung telur, infeksi, endometriosis, dan bahkan mungkin juga penyakit diabetes.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa wujud perubahan siklus menstruasi yang mungkin wanita alami suatu saat dan harus diwaspadai. Berikut diantaranya:

Kram perut

Jika mengalami kram dengan rasa sakit yang tak tertahankan, maka anda harus segera mengunjungi dokter untuk mengetahui alasannya. Biasanya masalah ini disebabkan oleh banyak masalah ginekologi, seperti menjadi tanda endometriosis.

Perdarahan terus menerus

Bila sepanjang menstruasi tiba-tiba anda mengalami perdarahan fatal, waspada mungkin itu menjadi tanda fibroid atau polip serviks uterus. Sebabnya, masalah ini karena pengaruh banyaknya hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Tidak menstruasi lebih dari empat bulan

Dalam kasus bukan kehamilan, ada beberapa wanita yang kehilangan siklus menstruasi selama empat hingga lima bulan. Masalah ini juga disertai dengan gejala seperti tubuh lelah dan berat badan naik secara drastis. Harap waspada, karena ini mungkin saja menjadi masalah tumor otak, hipertiroidisme atau fungsi ovarium berkurang.

Menstruasi tidak teratur

Seseorang yang obesitas dan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, maka harus memeriksa kadar gula darahnya. Karena dikhawatirkan hal ini mungkin merupakan gejala diabetes. Untuk itu, jika hormon insulin tidak efektif dalam proses metabolisme gula darah, maka ia memiliki efek langsung pada ovarium.

loading...
Loading...
Gangguan Menstruasi yang Harus Diwaspadai Wanita | akbar | 4.5