Gangguan Kesehatan Mulut yang Sering Dialami Oleh Ibu Hamil

Beberapa masalah mungkin saja muncul dan dialami oleh ibu yang sedang hamil. Mulai dari perut sering mual hingga gangguan kesehatan mulut dari yang ringan hingga menyakitkan.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah empat gangguan kesehatan mulut yang sering dialami oleh ibu hamil:

Air liur berlebih

Ini adalah gejala yang sangat jarang dialami wanita hamil. Kondisi ini terjadi di awal kehamilan dan menghilang pada akhir trimester pertama. Air liur berlebih dapat dikaitkan dengan mual, serta membakar hati yang umum terjadi selama kehamilan.

Mulut kering

Selama hamil, wanita juga kerap mengeluh mulutnya kering. Masalah ini dapat diatasi dengan minum banyak air dan dengan menjaga mulut supaya tetap lembab. Perubahan hormon yang dapat menyebabkan kondisi ini, disertai dengan hidung tersumbat, bibir pecah-pecah dan sakit kepala.

Erosi gigi

Masalah ini lebih sering terjadi pada wanita hamil, dengan diiringi gejala morning sickness dan muntah. Erosi gigi disebabkan karena enamel pada bagian belakang gigi terkikis, karena kandungan asam pengaruh muntah.

Penyakit gusi

Gusi kerap terlihat memerah dan bahkan dapat berdarah saat menyikat gigi. Beberapa kasus, mungkin ada ibu hamil yang mengalami pembengkakan parah. Semua perubahan ini disebut sebagai kehamilan gingivitis.

Alasannya bisa disebabkan karena peningkatan kadar hormon. Kondisi ini dimulai pada bulan kedua hingga delapan bulan. Namun, kondisi ini akan hilang setelah bayinya lahir.

loading...
Loading...
Gangguan Kesehatan Mulut yang Sering Dialami Oleh Ibu Hamil | akbar | 4.5