Fungsi Kontainer Sebagai Bangunan Kantor

James Whitaker yang merupakan seorang arsitek dari Londong mengatakan bahwa ia membuat desain unik untuk area perkantoran murah di Jerman yang dibuat dengan menggunakan kontainer pengiriman. Bangunan ini didesain dengan memaksimalkan cahaya matahari yang bisa masuk ke dalam interior di waktu yang berbeda sehingga mengurangi penggunaan lampu.

Whitaker sendiri mengatakan bahwa pengembangan konsep ini sudah dimulai sejak tahun 2010 ketika ia bekerja sebagai fotografer setelah sebelumnya ia bergabung dengan biro iklan yang tertarik untuk membuat area perkantoran di Black Forest, Jerman.

Whitaker yang akhirnya harus bekerja sendirian usai kantor agensinya ditutup ini, justru membuat gambaran rinci mengenai proposal bangunan tersebut. Klien sendiri pada awalnya hanya meminta menggunakan kontainer pengiriman untuk membangun bangunan tersebut. Hal ini untuk mengurangi biaya.

Whitaker mengambil konsep dari Kastil Hohenzollern yang direkonstruksi di abad ke 19 oleh King Frederick Willian IV dari Prussia yang memiliki gaya Gothic Revival. Vertikalitas menara benteng ini kemudian diaplikasikan ke dalam tebing kontainer yang akan mendapatkan sinar matahari dan mengurangi penggunaan lampu artificial.

Whitaker sendiri juga bahwa bangunan perkantoran tersebut memang lebih mengedepankan penggunaan cahaya, bayangan, dan juga refleksi yang bisa mengubah penampilan bangunan. Kontainer bisa menjadi bangunan yang menarik dengan memanfaatkan desain yang bisa menampilkan keindahan kontainer secara maksimal.

loading...
About these ads

Loading...
Fungsi Kontainer Sebagai Bangunan Kantor | akbar | 4.5