Fungsi Dioda Kiprok Pada Sepeda Motor

Semua pasti sudah sering mendengar tentang part sepeda motor yang bernama kiprok dalam sepeda motor. Kiprok menjadi salah satu part yang sering dicek kondisinya bila terjadi masalah pada pengapian dan kelistrikan sepeda motor. Namun tahukah anda apa fungsi kiprok pada sepeda motor yang sebenarnya. Seberapa besar perannya dalam sepeda motor?

Dikutip dari laman motorplus-online.com, fungsi kiprok pada sepeda motor adalah sebagai penstabil arus dan tegangan yang masuk ke aki. Jadi, arus yang masuk ke aki sesuai tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Selain itu, fungsi kiprok pada sepeda motor adalah sebagai penyearah atau pengubah arus AC dari sepul menjadi DC. Arus DC ini yang kemudian ditampung di dalam aki dan nantinya akan digunakan untuk mengaliri tegangan untuk lampu, klakson dan lainnya yang membutuhkan arus listrik.

Nah, ketika fungsi kiprok pada sepeda motor bermasalah, maka juga akan muncul masalah pada motor tersebut. Diantaranya, lampu utama yang menjadi redup, aki yang menjadi gampang soak hingga munculnya gejala brebet saat motor digunakan. Untuk mengetahui kondisi kiprok apakah masih baik atau tidak, maka bisa dilakukan dengan mengukur tegangan pada kiprok. Ukur menggunakan multitester. Pastikan angka tegangannya pas sesuai spesifikasi kiprok di motor. Kalau tegangan yang keluar dari kiprok kurang atau lebih, berarti ada masalah pada kiprok tersebut.

loading...
Loading...
cara pasang dioda pada kiprok, kiprok bagus, fungsi dioda kiprok, dioda kiprok, apa fungsi dioda pada kiprok, kiprok dioda, fungsi dioda pada pengapian motor, fungsi DIODA pada motor, fungsi dioda kiprok pada motor, fungs dioda penyearah lampu pada motor arus ac, pungsi dioda untuk aki motor

Fungsi Dioda Kiprok Pada Sepeda Motor | akbar | 4.5