Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Wanita Harus Tahu!

Menstruasi merupakan siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Adapun menstruasi sendiri adalah merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim seorang wanita yang terjadi sebagai akibat dari luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Secara umum, siklus menstruasi pada wanita rata-rata terjadi sekitar 28 hari. Meski demikian tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama seperti ini, karena ada yang setiap 21 hari hingga 30 hari. Rata-rata darah menstruasi keluar selama 5 hari, namun tidak menutup kemungkinan menstruasi keluar 2 hari sampai 7 hari dan yang paling lama 15 hari.

Seorang wanita dikatakan mengalami menstruasi tidak lancar dan bisa disebut menstruasi tidak teratur ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Biasanya hal ini dikarenakan oleh beberapa hal yang menyebabkannya.

1. Berat Badan Naik atau Mungkin Turun Drastis

Ketidakteraturan menstruasi yang dialami oleh wanita bisa terjadi karena wanita tersebut mengalami masalah dengan berat badan, dimana terjadi kenaikan atau penurunan yang ekstrim pada berat badannya. Hal ini berkaitan antara lemak dan siklus menstruasi.

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Siklus menstruasi wanita bisa dipengaruhi oleh adanya fluktuasi hormonal. Bila ini yang terjadi, maka anda perlu pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi guna mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

3. Olahraga berlebihan

Olahraga penting dan sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena dengan melakukan aktivitas fisik akan mendorong pembentukan sistem imunitas yang baik. Akan tetapi bila olahraga yang dilakukan secara berlebihan, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi kondisi tubuh wanita dimana ini akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

4. Stres

Stres bisa disebabkan karena banyak hal, termasuk misalnya penyebab stres adalah karena pekerjaan. Perkembangan hormon stres memiliki efek negatif pada siklus menstruasi wanita. Karena itu, sangat penting untuk dapat mengelola stres dengan baik agar menstruasi yang keluar tetap lancar dan teratur.

5. Gangguan Makan

Masalah menstruasi yang tidak teratur juga bisa terjadi pada wanita yang bermasalah dengan gangguan makan. Gangguan makan yang dimaksud misalnya adalah bulimia atau anoreksia, hal ini bisa membuat siklus menstruasi yang tidak teraturm pada wanita. Untuk itu, maka setiap wanita harus mampu menjaga gaya hidup, termasuk juga diantaranya adalah dengan menjalankan pola diet yang tepat untuk bisa mencegah masalah haid yang tidak lancar dan teratur.

6. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang bisa dipakai oleh wanita. Namun untuk penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB bisa dimungkinkan akan menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. Bila pada pemakaian IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau mungkin akan mengalami sakit perut pada saat menstruasi. Sementara itu pada wanita yang memakai pil KB sebagai alat kontrasepsi memungkinan adanya sedikit darah yang keluar pada awal penggunaan, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan pertama.

Itulah beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab kenapa menstruasi yang dialami oleh wanita tidak datang secara lancar dan teratur. Padahal, dengan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hal ini sangat bermanfaat dimana akan membuat wanita menjadi lebih mudah hamil dan memiliki keturunan.

loading...
Loading...
Faktor Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Wanita Harus Tahu! | akbar | 4.5