Faktor Penyebab dan Cara Meredakan Pegal Linu

Halaman: 1 2

Badan pegal linu lebih sering menyerang mereka yang sudah mulai memasuki usia tua. Namun demikian, kaum muda pun wajib mewaspadai gangguan tubuh berupa badan merasa pegal linu ini.

Saat badan merasakan pegal linu, maka mau beraktivitas pun menjadi malas. Karena anggota tubuh khususnya persendian akan merasakan sakit saat diajak bergerak.

Faktor Penyebab Badan Pegal Linu

Faktor penyebab pegal linu seringkali hanya karena masalah sepele, yaitu kekakuan pada otot. Adapun anggota tubuh yang paling sering merasakan pegal linu misalnya adalah daerah leher, punggung, lengan, kaki dan pundak. Pegal linu ini bisa menyerang pada siapa saja.

Munculnya rasa tidak nyaman pada tubuh karena pegal dan linu ini biasanya karena seseorang duduk dalam jangka waktu yang lama terutama mereka pekerja yang diharuskan duduk berjam-jam di belakang meja, mengangkat beban terlalu berat, kurang melakukan olahraga, posisi duduk yang salah dalam melakukan aktivitas fisik, melukis berjam-jam atau bisa juga karena akibat dari ketegangan emosi.

Dikutip dari laman wholehealthchicago, nyeri di otot yang dipicu oleh kelelahan ini dipercaya akibat dari adanya kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears) yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari.

Sementara itu, pegal-pegal di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Adanya penumpukan asam laktat di otot
  • Ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi
  • Pengobatan tertentu yang bersifat diuretik
  • Kurangnya fleksibilitas tubuh
  • Salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh
  • Ada kemungkinan juga karena akibat dari tubuh dehidrasi.

Walau demikian, penyebab badan merasa pegal linu juga bisa karena disebabkan dari luar seperti misalnya akibat dari virus influenza, cacar air atau herpes yang umumnya menyebabkan rasa pegal dan linu sebelum muncul gejala yang lebih spesifik, serta kondisi medis lainnya seperti rheumatoid arthritis atau multiple sclerosis.

loading...
About these ads

Loading...
Faktor Penyebab dan Cara Meredakan Pegal Linu | akbar | 4.5
penyebab keringat terasa lengket, cara menghilangkan pegal setelah mendaki, cara mengangkat semen, cara angkat semen ke punggung, obat pegal untuk pekerja berat