Efek Buruk Penggunaan AC bagi Kesehatan

Bahaya Ruangan Ber-AC untuk KesehatanSesuai namanya, pendingin udara atau yang kita kenal dengan nama AC adalah alat yang digunakan untuk mendinginkan udara sehingga kita bisa merasa nyaman berada di ruangan. Sayangnya, dibalik rasa dingin dan nyaman yang diperoleh dari penggunaan AC ini ternyata bisa merugikan kondisi tubuh. Terlebih lagi bila kita tidak menggunakannya dengan benar serta tidak merawatnya dengan baik.

Bahaya Terlalu Berada di Ruangan ber-AC

Ada sejumlah efek buruk bagi kesehatan bila anda berlama-lama berada di ruangan ber-AC. Walaupun mungkin saat ini sulit untuk menghindari AC, namun anda masih tetap bisa meminimalkan penggunaannya untuk menghindari dampak buruk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa efek buruk atau gangguan kesehatan yang mungkin muncul dari kebiasaan menggunakan pendingin udara atau AC, sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup:

1. Kulit kering
AC menyerap kelembaban udara, yang menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Jika anda banyak menghabiskan waktu di tempat-tempat ber-AC, pastikan bahwa anda minum banyak air dan melembabkan kulit anda setiap hari.

2. Masalah pernapasan
AC jika tidak sering dibersihkan, tidak hanya mengumpulkan debu, namun juga jamur yang kemudian dapat menyebar ke sekitar ruangan. Hal ini tidak hanya bisa memperburuk alergi tetapi juga menyebabkan masalah bagi pernapasan. AC juga bisa menyebarkan penyakit melalui udara ke banyak orang secara bersamaan.

3. Sakit kepala
Orang-orang yang bekerja di ruangan dengan AC sentral, di mana suhu selalu dijaga sangat rendah, bisa cenderung mengalami sakit kepala secara teratur. Mereka juga lebih rentan mengalami kelelahan, pilek, batuk, atau flu dengan mudah.

4. Toleransi yang lebih rendah untuk panas
Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di kamar ber-AC memiliki toleransi yang lebih rendah terhadap panas. Ini terjadi ketika tubuh kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan suhu panas setelah menghabiskan waktu lama di suhu yang lebih rendah.

5. Masalah mata
Udara yang kering tidak hanya mempengaruhi kulit, namun juga mata anda. Udara kering bisa menyebabkan gatal, iritasi, dan masalah bagi pengguna lensa kontak. AC juga bisa semakin memperburuk masalah mata, seperti konjungtivitis (radang selaput mata) dan blepharitis (kelopak mata bengkak).

6. Penyakit kronis
Apabila anda menderita penyakit kronis, kondisi tersebut bisa diperparah oleh suhu dingin dari AC. Suhu dingin AC cenderung memperburuk kondisi badan, seperti tekanan darah rendah dan arthritis. Mereka juga membuat rasa sakit lebih sulit untuk diredakan.

7. Polusi suara
Mesin AC yang kurang perawatan bisa membuatnya menimbulkan suara yang mengganggu telinga. Kebisingan yang dihasilkan dapat membentuk semacam polusi suara yang dapat menurunkan produktivitas Anda di dalam ruangan dan mungkin mengganggu tidur Anda di malam hari.

loading...
About these ads

Loading...
Efek Buruk Penggunaan AC bagi Kesehatan | chsa | 4.5