Efek Buruk Kurang Tidur Terhadap Kondisi Fisik Seseorang

Efek Buruk Akibat Kurang TidurTidur akan membuat tubuh beristirahat. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh kita menjadi segar. Berbagai gangguan kesehatan seperti pembuluh darah tersumbat, detak jantung yang abnormal atau lemah, dan lain-lain mungkin saja akan menyerang mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap harinya.

Bahkan para ahli dari Harvard Medical School, menyebut bahwa mereka yang tidur kurang dari lima jam, 15 persennya memiliki risiko lebih mungkin meninggal du usia berapa pun. Berikut adalah beberapa efek negatif pada fisik seseorang yang sering kurang tidur:

1. Penampilan
Setelah 24 jam tanpa tidur, kinerja motor kognitif sama seperti mereka yang minum minuman beralkohol lima porsi. Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, cobalah minum setengah cangkir kopi kemudian tidur sekitar 20 menit. Menurut penelitian di Loughborough University, Inggris, trik ini mampu meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

2. Otak
Begadang selama 19 jam pada tiga hari berturut-turut dapat merusak atau mematikan sel-sel otak. Menakutkan lagi, penelitian lain menunjukkan bahwa tanpa tidur, otak tidak dapat membersihkan plak protein yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer dan demensia.

3. Tekanan darah
Seorang pria yang secara teratur kurang tidur di bawah enam jam per hari meningkatkan tekanan darah sistolik (blood pressure systolic) 132. Mungkin karena tidak tidur meningkatkan kortisol, yakni hormon stres.

4. Pankreas
Menurut hasil penelitian Yale University Medical School, pria dua kali lebih mungkin mengembangkan diabetes selama hidup mereka akibat tidur kurang dari enam jam per malam, tanpa memandang usia atau tingkat aktivitas.

5. Pinggang
Body mass index (BMI) mereka yang kurang tidur 3,6 persen lebih besar dari rata-rata, demikian menurut peneliti Stanford University. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang tidur kurang dari lima jam per malam memiliki lemak tubuh lebih banyak. Untuk anda yang tidur hanya empat jam, anda akan membutuhkan konsumsi tambahan 559 kalori di hari berikutnya.

6. Perut
Menurut hasil penelitian University of Wisconsin, pada mereka yang terbiasa tidur hanya lima jam, memiliki produksi leptin, hormon yang membuat merasa kenyang dan mengatur penyimpanan lemak, 15,5 persen lebih rendah. Karena itu, pukul 10.00 siang anda butuh donat atau cemilan lainnya.

loading...
Loading...
Efek Buruk Kurang Tidur Terhadap Kondisi Fisik Seseorang | chsa | 4.5