Desain Rumah Mengambang – Rumah tampak lebih besar

Di kota Metropolis, terutama kota Jakarta dikenal satu jenis rumah baru yaitu rumah mengambang, rumah ini dari namanya kelihatan menarik. Namun, apakah kelebihan dari rumah ini sehingga cukup menarik perhatian? Mari baca selengkapnya.

Ciri rumah mengambang yakni bagian dinding rumah terlihat terpisah jika dilihat dari struktur utama. Sebab memang dibuat tak ada pemisah jelas antara bagian outdoor rumah dan indoor rumah sehingga akan menjadikan suasana dari indoor menjadi terlihat lebih luas.

Walaupun berada di kota Jakarta yang panas, namun rumah mengambang ini sangat asyik untuk ditinggali. Jika tinggal di dalamnya, Anda akan bisa merasakan gaya modern bercampur padu dengan gaya tropis khas negara Indonesia. Jika kepanasan, maka di indoor dapat dipasang AC dan masalah selesai. Ada contoh rumah mengambang di kota Jakarta yang dibangun di sebuah lahan dengan luas 1500 M persegi, dan memiliki konsep desain membagi 2 area, di mana Anda dapat melihat desainnya dari fasad yang ada. Bangunan rumah mengambang ini mempunyai garis geometris kuat, dan penampilan rumah memang terlihat seperti mengambang serta ringan, itulah yang menjadikan rumah ini menarik.

Eksterior rumah mengambang di Jakarta

Jika dilihat sekilas saja, Anda dapat menemukan bahwa gaya eksterior dari rumah mengambang ini diinspirasi dari gaya modernisme abad pertengahan, dan benar-benar banyak mempengaruhi banyak arsitek muda Indonesia yang masih membutuhkan banyak pengalaman baru. Sehingga, tetap akan ada gaya atau style desain kontekstual yang mendasarkan pada konsep dari arsitektur modern yang sudah ada sejak 50 tahun yang lalu. Untuk atap dari rumah mengambang dibuat dengan desain miring, dan disangga penopang dengan tinggi 8 M. Pada bagian bawah dari rumah mengambang terdapat kamar tidur utama. Dan di sebelahnya ada kotak yang menggunakan jendela besar, khusus dibuat untuk dijadikan ruang keluarga. Dan, atap pada bagian tengah rumah yaitu atap yang rendah dan datar. Pada bagian bawah ada kamar tidur kecil untuk menjadi penghubung dari 2 atap yang berbeda.

Jika Anda melihat desain rumah mengambang di kota Jakarta, Anda dapat menemukan bahwa rumah dibagi ke dalam 2 zona, yakni zona paviliun dan zona rumah itu sendiri. Di mana, kedua zona sama-sama menghadap ke bagian kolam renang dengan ukuran besar. Pada bagian dalam zona ada 4 kamar tidur, 1 kamar tidur ditempatkan di lantai pertama sementara 3 kamar tidur lainnya berada pada lantai kedua. Style interior yang digunakan untuk lantai pertama yaitu tata ruang yang terbuka, disertai ruang keluarga utama, dapur, ruang makan, serta wine room. Kesemua itu dibuat menghadap bagian kolam ikan yang dibangun di dalam rumah.

Zona Paviliun rumah mengambang

Sementara itu, untuk zona paviliunnya, desain diinspirasi dari rumah kaca. Tujuan yang dibuat yaitu untuk menjadikan murid para arsitek lokasi Indonesia, serta pecinta arsitektur Indonesia dapat memahami keindahan dari gaya arsitektur modern. Pada bagian bawah paviliun ada area teras terbuka, di mana area teras terbuka ini menghadap kolam renang. Tangga pada bagian interior rumah itu menghubungkan area terbuka ke paviliun serta tampak terlepas, di antara struktur tangga metal serta bagian tangga lain yang dibuat menggunakan material batu dan kayu. Ada jarak antara 2 elemen ini, di mana menjadikan desain yang jauh lebih unik. Sekian artikel tentang desain rumah mengambang – Rumah tampak lebih besar, semoga berkenan.

loading...
Loading...
banyak lalat di rumah pertanda

Desain Rumah Mengambang – Rumah tampak lebih besar | akbar | 4.5