Dampak Buruk Tidur Lagi Setelah Shalat Subuh

Banyak alasan orang memilih untuk tidur kembali setelah shalat subuh, terlebih lagi saat bulan Ramadhan. Masih mengantuk menjadi alasan paling umum orang tidur lagi setelah shubuh. Padahal, tidur lagi setelah shalat subuh akan membuat seseorang menjadi malas melakukan sesuatu.

Dampak Buruk Tidur Saat Shubuh Baik Secara Fisik Maupun Psikologi

Menurut Soleh Amini, Psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), sebagaimana yang dilansir Solopos, dikatakan bahwa kebiasaan tidur pada waktu subuh atau setelah Shalat Subuh bagi yang muslim, bukanlah kebiasaan yang baik. Bahkan menurutnya, kebiasaan itu sangat buruk baik dilihat dari sisi psikologis maupun fisik.

Secara psikologis, kebiasaan tidur pada waktu subuh akan menimbulkan lazy syndrome atau sindrom kemalasan. Pasalnya, waktu subuh merupakan waktu ternikmat untuk tidur. “Akibatnya orang cenderung malas dan enggan beraktivitas,” jelasnya.

Sementara secara fisik, kebiasaan tidur pada waktu subuh akan menghambat metabolisme kerja otak sehingga terjadi kebekuan otak. Waktu pagi hari ketika orang Islam diharuskan melaksanakan Salat Subuh adalah waktu pergantian antara gelap dan terang. Hal itu akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh manusia. Ketika seseorang memilih tidur pada waktu subuh berarti dia melepaskan kesempatan bagi tubuh untuk menghirup udara pagi yang bersih dan sangat baik untuk kesehatan.

Solusi Mengatasi Kantuk di Pagi Hari

Pagi hari setelah shalat shubuh memang waktu ternikmat untuk tidur. Namun bila kita membiasakan tidur diwaktu itu akan membuat seseorang menjadi malas dan enggan beraktivitas. Jadi kalaupun masih mengantuk, maka sebaiknya ditahan dulu. Untuk menghilangkan kantuk bisa dilakukan misalnya dengan membasuh muka, melaksanakan wudu dan Shalat Subuh bagi yang beragama Islam.

Masih menurut Soleh Amini, hal itu pulalah mengapa meskipun orang-orang Jepang kebanyakan bukan muslim, namun mereka sudah terbiasa memulai aktivitas di pagi hari. Mereka justru beristirahat ketika matahari mulai meninggi sekitar pukul 09.30 WIB. Jika memang seseorang sangat mengantuk karena mungkin malam harinya kurang istirahat, maka lebih baik tidur lagi ketika matahari sudah terbit. Jadi orang tersebut tetap memiliki kesempatan melewati masa subuh dengan produktif.

loading...
Loading...
Dampak Buruk Tidur Lagi Setelah Shalat Subuh | akbar | 4.5