Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kesehatan Kulit

Ada banyak manfaat sinar matahari baik untuk makhluk hidup. Manfaat sinar matahari untuk tumbuhan misalnya adalah membantu proses fotosintesis. Sementara manfaat sinar matahari untuk manusia adalah sebagai sumber vitamin D. Tampa sinar matahari, bumi kita pun akan menjadi gelap, dan bisa jadi tidak akan ada kehidupan.

Disamping manfaat sinar matahari, ada juga dampak buruk atau bahaya sinar matahari. Khususnya adalah karena kandungan yang ada di dalam sinar matahari seperti UVA, UVB dan UVC. Dampak buruk akibat paparan sinar matahari tersebut terutama adalah berdampak pada kulit. Karena itu, kulit membuatuhkan perlindungan tambahan demi menjaga kesehatan kulit.

Sinar-sinar tersebut (UVA, UVB dan UVC) memiliki kandungan yang berdampak pada kondisi kulit. UVA bersinar sepanjang hari dari terbit matahari hingga terbenam.

“Sinar UVA menyebabkan beberapa penyakit kulit seperti jerawat, kulit tanning, psoriasis, hingga kerusakan-kerusakan kulit kecil maupun besar. Sinar ini menembus sangat dalam ke bagian dalam dermis dan sinar ini menembus melalui kaca sehingga tidak dapat ditangkal menggunakan kaca,”kata Dr. Nanang Masrani dalam Skinversation bersama Nivea di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/6/2014).

Sementara itu, UVB mengandung vitamin D, dan ia bersinar di waktu tertentu. Puncaknya adalah pukul 10.00 hingga 14.00.

“Efek dari sinar ini berdampak pada kulit ari yang membuatnya menjadi terbakar. Sehingga terlihat kemerahan serta menyebabkan wrinkle atau kerutan pada kulit. Namun sinar ini dapat terfilter oleh kaca,” imbuh dermatologist ini.

Untuk UVC, hingga saat ini belum ditemukan bukti bahwa ia merusak kulit. “Oleh karena itu pada pagi dan siang hari, kita perlu merawat tubuh. Sebaiknya gunakan pelembab serta tabir surya selama 30 menit sebelum beraktifitas,” tutup dr. Nanang.

Demikian adalah informasi tentang dampak buruk atau bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat dari sinar matahari sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone.com. Semoga dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kesehatan Kulit | lawas | 4.5