Dampak Buruk Akibat Tidur Terlalu Lama Lebih dari 8 Jam

Tidur adalah waktu bagi kita untuk mengistirahatkan organ tubuh. Pada bayi, manfaat tidur adalah merupakan waktu dimana hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Bagi orang dewasa, manfaat tidur adalah dapat mengembalikan kesegaran tubuh. Berbagai manfaat tidur untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan bila ia memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Dampak Buruk Akibat Tidur Lama Lebih dari 8 Jam Setiap Hari

Idealnya, setiap orang membutuhkan waktu tidur yang ideal adalah sekitar 6-8 jam. Dengan memiliki waktu tidur yang ideal, maka akan ada banyak manfaat tidur bagi tubuh yang bisa didapatkan. Namun bagaimana bila waktu tidur kita ternyata melebihi waktu ideal untuk tidur atau terlalu lama?

Tidur memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun bukan berarti kita boleh tidur sepuasnya setiap hari tanpa memperhatikan berapa lama kita tidur. Karena ternyata bila kita tidur terlalu lama dimana lebih dari 8 jam sehari, hal itu justru bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Seseorang dengan waktu tidur yang terlalu lama bisa jadi akan lebih rentan mengalami depresi. Kesulitan konsentrasi juga mungkin akan dialami bila kita terlalu tidur.

1. Sakit kepala

Sakit kepala dan migrain bisa muncul karena dipicu oleh akibat terlalu lama tidur. Penyebabnya adalah karena neurotransmiter di otak yang terganggu saat kita tidur terlalu lama sehingga ia menyarankan munculnya sakit kepala.

2. Depresi

Centres for Disease Control menyatakan bahwa kesehatan mental orang-orang yang kebanyakan tidur cenderungan buruk. Karena pada saat kita tidur terlalu lama, kita akan terbangung dalam suasana hati yang tidak enak dan rasa tidak nyaman seperti pening. Dua hal ini dapat menyebabkan depresi.

3. Susah berkonsentrasi

Hasil dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics, menyebutkan bahwa terlalu lama tidur bisa mempengaruhi kesehatan otak, termasuk menjadi sulit berkonsentrasi.

4. Berat badan meningkat

Banyak studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung menjadi gemuk. Namun ternyata ada juga hubungan antara terlalu lama tidur dengan obesitas. Hal ini karena terlalu lama tidur akan menyebabkan kita kurang melakukan aktivitas fisik. Jadi, semakin banyak kita tidur, maka semakin sedikit bergerak, sehingga lebih sedikit kalori yang terbakar dan beresiko mengalami obesitas.

Banyak tidur dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, juga demikian bila tubuh kita kurang tidur. Karena itu, agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka tidurlah sesuai kebutuhan tubuh. Jadi kita harus memperhatikan berapa jam waktu ideal bagi tubuh kita untuk tidur. Karena kebutuhan waktu tidur setiap orang berbeda. Jadi kita sendiri yang bisa menentukan berapa idealnya waktu tidur yang dibutuhkan.

loading...
Loading...
Dampak Buruk Akibat Tidur Terlalu Lama Lebih dari 8 Jam | akbar | 4.5