Daftar Buah Sehat untuk Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk penyakit berbahaya yang harus diwaspadai oleh masyarakat saat ini. Tanpa disadari kebiasan dari gaya hidup seperti mengonsumsi makanan cepat saji dan lainnya ditengarai menjadi penyebab kenapa banyak orang kini terkena penyakit hipertensi.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena masalah hipertensi. Karena memang penyakit ini baru mulai dirasakan ketika sudah memasuki tahap parah. Kabar baiknya, untuk menjaga agar tekanan darah tinggi tetap stabil, ada cara yang mudah dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia, ada beberapa jenis buah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah apa saja itu?

Pisang

Pisang bisa menjadi pilihan murah dan mudah untuk membantu menurunkan tekanan darah. Buah yang bisa dengan mudah ditemukan sepanjang tahun ini kaya akan kandungan kalium. Kalium membantu menurunkan tekanan darah dua sampai tiga poin dan membantu menurunkan risiko stroke.

Selain itu kalium juga membantu ginjal untuk menyaring lebih banyak tekanan yang meningkatkan natrium dari aliran darah dan membantu pembuluh darah kecil bersantai dan membuat tekanan pada dinding arteri berfungsi lebih efisien.

Semangka

Selain menyegarkan dikonsumsi saat udara sedang panas, namun mengonsumsi semangka ternyata juga memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal itu karena buah semangka kaya akan kandungan serat, lycopenes, vitamin A, dan kalium. Semua nutrisi ini memiliki efek penurun tekanan darah.

Jeruk

Mengonsumsi jeruk bisa membantu mencukupi kebutuhan akan serat dan juga vitamin C dalam tubuh. Jeruk bisa dikonsumsi baik dalam bentuk jus atau buah utuh untuk membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Buah berry

Buah berry memiliki kandungan polifenol, flavonol, dan anthocyanin. Selain itu, mereka juga sarat dengan vitamin C, float, kalium, dan serat. Cukup tambahkan segenggam buah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kolesterol baik di tubuh anda.

Jus anggur

Jus anggur memiliki kandungan polifenol yang membantu untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Polifenol memicu produksi nitrit oksida yang membantu untuk mencairkan pembuluh darah dan dengan demikian membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Daftar Buah Sehat untuk Menurunkan Hipertensi | akbar | 4.5